Karimun (Antaranews Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, akan menata ulang sejumlah pasar tradisional untuk memberikan kenyamanan bagi pembeli maupun pedagang. 

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam kunjungan ke Pasar Puan Maimun, Selasa, mengatakan, pasar yang akan ditata ulang antara lain Pasar Puan Maimun, Pasar Bukit Tembak, Pasar Puakang, dan Pasar PN Tebing. 

"Pembenahannya tahun ini. Kami mengalokasikan anggaran untuk membangun beberapa fasilitas untuk kenyamanan jual beli," kata Aunur Rafiq didampingi Wakil Bupati Anwar Hasyim.

Rafiq juga mengatakan Pasar Puan Maimun nantinya dilengkapi beberapa fasilitas, termasuk penambahan meja untuk pedagang sehingga tidak ada lagi yang berdagang di luar area jual beli.

"Kami akan menambah 10 meja dagang lagi," katanya.

Pihaknya juga akan merelokasi sejumlah pedagang liar yang berada di kawasan Puakang ke Pasar Puan Maimun karena lokasi tersebut dianggap tidak layak untuk dijadikan kawasan pasar dan mengganggu lalu lintas kendaraan yang melintas.

"Saya minta Satpol PP untuk menertibkannya," katanya.

Lokasi pasar di Jalan Haji Arab juga tidak luput dari penataan, lahan yang dulunya pernah dijadikan pasar tradisional tersebut nantinya akan direnovasi kembali menjadi sebuah lahan yang digunakan untuk pedagang bazar atau pedagang yang menjual barang bekas lainnya.

"Mungkin dalam seminggu sekali atau sebulan sekali akan diadakan bazar di pasar tersebut sehingga memiliki daya tarik tersendiri," katanya. 

Adnan, salah satu pedagang Pasar Puan Maimun, mengaku sangat senang atas penambahan beberapa fasilitas pasar tersebut, termasuk tangga menuju lantai dua yang baru diresmikan. 

"Sudah lama sekali kami minta agar dibuatkan tangga di samping kiri dan kanan pasar ini," kata Adnan.

Editor: Rusdianto


Pewarta : Nursali
Editor : Kepulauan Riau
Copyright © ANTARA 2024