Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi hujan mengguyur sebagian wilayah Pulau Bintan (Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang), Kepulauan Riau saat hari pemungutan suara, 17 April 2019.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Bhakti, di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan, hujan diperkirakan sekitar pukul 10.00 WIB mengguyur wilayah selatan Pulau Bintan seperti Kecamatan Bintan Timur, Pulau Dompak dan Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Sementara mulai pukul 07.00 WIB hingga menjelang pukul 10.00 WIB kondisi cuaca di Pulau Bintan, berawan.

"Hujan tersebut bersifat lokal, dengan intensitas kecil hingga sedang. Hujan diperkirakan terjadi selama 1-2 jam," ujarnya.

Bhakti menambahkan hujan yang terjadi sejak dua hari lalu juga akan terjadi besok hingga 17 April 2019. Dalam satu hingga dua hari ini diperkirakan hujan merata di seluruh Pulau Bintan dengan intensitas yang berbeda.

Setelah itu, kemungkinan terjadi hujan panas.

"Perubahan cuaca kemungkinan dapat terjadi dalam waktu tertentu, apalagi menjelang pemungutan suara. Prediksi cuaca untuk enam hari ke depan yang dilakukan hari ini belum 100 persen benar," ujarnya.

Bhakti mengatakan kondisi cuaca itu sebaiknya diwaspadai petugas dengan menyiapkan berbagai kebutuhan agar pemilih dan petugas tidak terganggu saat terjadi hujan di tempat pemungutan suara.

"Terutama terhadap logistik pemilu jangan sampai terkena hujan," katanya.

Sementara terkait gelombang laut di Perairan Tanjungpinang maupun Bintan diperkirakan berkisar antara 0,2-08 meter sehingga relatif aman. Namun pengguna transportasi laut tetap harus berhati-hati, terutama saat terjadi perubahan cuaca secara mendadak.

"Waspadai petir dan angin kencang saat terjadi perubahan cuaca," imbaunya.

Pewarta : Nikolas Panama
Editor : Rusdianto Syafruddin
Copyright © ANTARA 2024