8 titik di Sukabumi dilanda banjir

id BPBD Kota Sukabumi ,Hujan Deras ,Bencana Banjir ,TPT Ambruk ,Bencana Hidrometeorologi ,BMKG

8 titik di Sukabumi dilanda banjir

Petugas BPBD yang dibantu relawan PMI Kota Sukabumi tengah menanggulangi bencana banjir yang melanda wilayah Kota Sukabumi, Jabar pada Kamis (16/5/2024). ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis sore hingga malam memicu terjadinya banjir di sejumlah lokasi.

"Dari hasil pendataan dan laporan yang masuk, banjir terjadi di delapan titik yang tersebar di empat kecamatan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat di Sukabumi, Kamis.

Menurut Novian, banjir yang terjadi di Kecamatan Cikole, Citamiang, Gunungpuyuh dan Warudoyong ini disebabkan saluran air atau drainase yang tidak berfungsi dengan baik seperti tersebut oleh sampah.

"Untuk jumlah rumah maupun fasilitas lainnya yang terdampak banjir masih kami data. Saat ini air sudah mulai surut, namun tim gabungan penanggulangan bencana masih berada di lokasi banjir," tambahnya.

Novian mengatakan, hujan deras juga mengakibatkan tembok penahan tanah (TPT) ambruk di tiga lokasi berbeda jebol.

Tidak ada korban luka apalagi jiwa saat terjadi bencana serta tidak ada warga yang mengungsi. Di sisi lain, ia mengimbau kepada warga untuk waspada karena seluruh wilayah berpotensi dilanda hujan deras disertai angin kencang sesuai data prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang bisa memicu terjadinya bencana hidrometeorologi.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE