Pemkot Batam: Belum ada klaster COVID-19 di sekolah

id penularan covid batam, klaster sekolah d,klaster sekolah di batam, tiga sekolah di batam ditutup

Pemkot Batam: Belum ada klaster COVID-19 di sekolah

Sejumlah pelajar mengikuti kegiatan peresmian Pojok Baca LKBN Antara di Pulau Lengkang Belakangpadang Kota Batam Kepulauan Riau, beberapa waktu lalu. (ANTARA/ Naim)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menegaskan, hingga kini belum ada klaster penularan COVID-19 di sekolah, meski kegiatan belajar mengajar di tiga lembaga pendidikan ditutup karena masing-masing seorang siswanya dinyatakan positif terpapar Virus Corona.

"Apa yang terjadi beberapa waktu lalu di Pulau Belakangpadang dan dua hari yang lalu di Batam Kota, itu adalah kasus yang sebenarnya tidak dapat kita sebut sebagai klaster sekolah. Karena penularan dari orang tuanya, " kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Rabu.

Berdasarkan penelusuran pihaknya, masing-masing seorang siswa itu terpapar COVID-19 dari keluarganya, yang juga positif COVID-19.

Sampai saat ini belum ada laporan siswa lain yang tertular dan menjadi klaster khusus di sekolah.

Meski begitu, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 tetap melakukan penelusuran kemungkinan penularan di sekolah.

Pemerintah juga menutup kegiatan belajar mengajar di tiga sekolah itu, yaitu SDN 04 Sekanak Raya Belakangpadang, SMPN 1 Belakangpadang dan SMPN 43 Batam.

Wakil Wali Kota mengatakan, kegiatan belajar mengajar tatap muka hanya dihentikan di tiga sekolah itu. Sedangkan di lembaga pendidikan lain tetap berjalan.

"Kesimpulannya, kami masih berketetapan hati meneruskan pembelajaran ini karena baru (berjalan) betul," kata Wakil Wali Kota.

Ia juga menilai sekolah telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk di sekolah-sekolah di Pulau Belakangpadang.

Karenanya, kebijakan belajar mengajar tatap muka masih bisa dilanjutkan, dengan pemantauan ketat dari guru, kepala sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, dan petugas medis terkait.

"Saya datang langsung ke Belakangpadang, di sana penerapan protokol kesehatan sangat ketat, sehingga saya masuk kategori yakin di sekolah tidak terjadi (penularan)," kata dia.

Dalam pemantauannya, dalam kelas siswa diberi jarak yang cukup, dan hanya 15 hingga 20 orang dalam kelas. Sebelum masuk ruangan anak-anak dicek suhu dan diwajibkan mencuci tangan.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE