APBD defisit OPD diminta lakukan rasionalisasi anggaran

id batam defisit, batam defisit 200 miliar, wakil wali kota batam 2021, amsakar achmad

APBD defisit  OPD diminta lakukan rasionalisasi anggaran

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad. (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menginstruksikan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan rasionalisasi anggaran, karena daerah setempat mengalami defisit sekitar Rp200 miliar dalam APBD Perubahan 2021.

"Ditujukan kepada pimpinan OPD agar kembali melakukan rasionalisasi, sehingga defisit APBDP sekitar Rp200-an miliar dapat kita tutupi," kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Kamis.

Pimpinan OPD diminta memangkas anggaran yang dinilai mendesak, demi menghemat penggunaan APBD 2021.

Defisit APBD Kota Batam disebabkan capaian pendapatan asli daerah yang tidak sesuai yang ditargetkan akibat pandemi COVID-19, bukan karena nilai belanja yang melonjak.

Selain APBDP 2021, pihaknya juga meminta pimpinan OPD kembali melakukan rasionalisasi anggaran pada rencana APBD 2022 yang kini tengah disusun.

Pihaknya menghitung terdapat selisih anggaran Rp441 miliar yang harus diseimbangkan untuk memenuhi rencana belanja dengan pendapatan.

"Begitu juga dengan rencana APBD murni 2022 yang akan datang. Sekarang ini masih ada angka yang harus dicari Rp441 miliar," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan OPD penghasil untuk menggali lagi potensi pendapatan daerah dari sisi pajak dan retribusi daerah untuk menutupi kemungkinan defisit.

"Ini masih berproses karena angka Rp400an miliar itu membuang mana kegiatan yang tidak prioritas. Itu tidak sederhana, butuh proses," kata Wakil Wali Kota

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE