Pemutakhiran data pemilih terus dilakukan KPU Batam

id kpu batam, william seipattiratu,pemutakhiran data pemilih batam,posko pemutakhiran data pemilih batam,tpu sei temian bat

Pemutakhiran data pemilih terus dilakukan KPU Batam

Anggota KPU Batam William Seipattiratu berfoto usai melakukan pemutakhiran data pemilih, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-KPU Batam

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Batam Kepulauan Riau terus melakukan pemutakhiran data pemilih menuju Pemilu 2024.

"Kami terus memperbaiki data pemilih dalam rangka pemutakhiran data pemilih berkelanjutan (DPB) pasca-Pilkada 2020," kata anggota KPU Batam William Seipattiratu di Batam, Sabtu.

Pihaknya berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memutakhirkan data pemilih, mengeluarkan nama-nama yang telah meninggal dan memasukkan nama pemilih pemula yang baru masuk usia 17 tahun.

Bahkan, KPU Batam meminta data orang meninggal ke sejumlah tempat pemakaman umum dan berkoordinasi dengan yayasan.

"Tujuan kami ke masing-masing yayasan untuk berkoordinasi meminta bantuan kerja samanya memutakhirkan data pemilih berkelanjutan. Karena orang meninggal masuk kategori pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) yang artinya harus dicoret dari daftar pemilih," tutur William.

Ia menyatakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan merupakan amanat Undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang bertujuan memperbaharui data pemilih seperti menambahkan pemilih baru, pemilih TMS serta perubahan elemen data pemilih di kota Batam secara berkelanjutan untuk mempermudah proses mutarlih dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu 2024.

Tidak hanya ke TPU, KPU Batam juga berupaya memperbaharui data pemilih berkelanjutan dengan mendatangi sejumlah pihak terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, TNI/Polri, bahkan telah direncanakan untuk koordinasi tatap muka dengan partai politik di Kota Batam.

KPU Batam juga membuka posko tempat pengaduan masyarakat untuk memutakhirkan data pemilih.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar