Bupati Natuna ingin penanaman terumbu karang yang diinisiasi ANTARA terus berlanjut

id Natuna, penanaman terumbu karang, ANTARA, JBN, Jelajah Bahari Natuna, Bupati Natuna, Wan Siswandi, Rodhial Huda, Basarnas

Bupati Natuna ingin penanaman  terumbu karang  yang diinisiasi ANTARA terus berlanjut

Irawati, salah satu anggota Komunitas Jelajah Bahari Natuna saat mempersiapkan bibit terumbu karang di Pantai Batu Kuning, Desa Teluk Buton, Bunguran Utara, Natuna, Sabtu (14/8). (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Bupati Natuna Wan Siswandi menginginkan penanaman terumbu karang di perairan laut Natuna  terutama di kawasan geopark Teluk Buton yang telah di inisiasi LKBN ANTARA dan Komunitas Jelajah Bahari Natuna  dapat terus berkelanjutan dan dalam jumlah yang lebih banyak. 

"Penanaman terumbu karang sangat bagus, sebagaimana kita ketahui di Natuna terumbu karangnya sudah ada juga sebagian yang rusak dan kerusakan itu diakibatkan beberapa faktor", kata Bupati saat ditemui disela HUT RI di Natuna,  Selasa.

Sebelumnya pada Sabtu (14/8) Tim Antara Biro Kepri bersama Komunitas Jelajah Bahari Natuna serta tim Forkompimda  melakukan penanaman terumbu karang  di Pantai Batu Kuning, Desa Teluk Buton, Bunguran Utara, Natuna, Kepri. Kegiatan tersebut juga disejalankan dengan pengibaran bendera bawah laut oleh Basarnas Natuna.

Bupati  Wan Siswandi bersama Wakil Bupati Rodhial Huda  turut serta melakukan penanaman terumbu  karang dan menyelam untuk upacara bendera di bawah laut.  Ia mengucapkan terima kasih kepada ANTARA dan Jelajah Bahari Natuna  yang telah melaksanakan kegiatan tersebut yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pemasangan tugu merah putih ANTARA dan penanaman 76 bibit terumbu karang di beberapa titik spot wisata bawah laut di Natuna sejak tanggal 8 Agustus lalu.

"Saya terima kasih kepada teman - teman yang telah memprakarsai acara penanaman terumbu karang ini, mudah - mudahan ke depan kita perbanyak lagi", kata Bupati.

Kegiatan puncak penanaman terumbu karang yang diikuti langsung oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Forkompimda serta Basarnas Natuna diharapkan menjadi awal kegiatan serupa akan dilakukan juga ditempat lain.

"Tujuannya agar karang - karang di Natuna tumbuh dengan baik lagi, memang itu butuh waktu dan proses cukup lama tetapi setidaknya kita telah memulainya dari sekarang", ujar Bupati.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar turut menjaga pelestarian terumbu karang dan melakukan hal yang sama di wilayah kecamatan kepulauan lainnya yang ada di Natuna.

"Himbauan saya kepada masyarakat Natuna untuk terumbu karang yang sudah ada saat ini hendaknya itu dijaga dengan baik, baik itu kelompok - kelompok pencinta laut, pencinta terumbu karang, hendaknya melakukan juga di tempat - tempat lain di kecamatan - kecamatan lain, karena apa, karena memang ini sangat dibutuhkan untuk anak - anak cucu kita ke depan nanti, yang ada sekarang ini saya menghimbau kepada masyarakat agar bersama sama kita jaga", himbau Wan Siswandi.

Selain itu, Ia menegaskan terkait pelestarian lingkungan terutama di kawasan wisata hendaknya mendapat pertahian serius oleh berbagai pihak.

"Pemerintah serius karena kita Natuna itu memiliki dua sektor unggulan yang pertama perikanan, kedua pariwisata, dua duanya yang kita jual itu adalah laut, oleh sebab itu makanya pemerintah sangat konsen dengan terumbu karang, wisata laut, dengan itu mudah - mudahan Natuna ke depan lebih dikenal lagi dan ketika orang mengunjungi Natuna banyak yang bisa dilihat selain pemandangannya, baharinya dan lain lainnya", kata Bupati.

Sementara, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna, Mexianus Bekabel juga mengapresiasi kegiatan tersebut masuk dalam rangkaian kegiatan bersama yang didukung oleh pemerintah daerah.

"Seperti yang disampaikan pak bupati, terumbu karangnya yang kita harus jaga, dan programnya telah dilaksanakan sehingga memicu pariwisata dan itu kami sangat dukung", kata Mexianus Bekabel saat ikut mendampingi Bupati dalam acara tersebut.

Sementara, Anggota Komunitas Jelajah Bahari Natuna selaku pelaksana teknis kegiatan menyampaiakan terima kasih atas dukungan banyak pihak atas terselenggarakanya acara tersebut.

"Dalam rangka peringatan HUT RI ke 76 tahun ini ANTARA bersama Jelajah Bahari Natuna melakukan penanaman terumbu karang, gunanya agar pemerintah daerah lebih memperhatikan terumbu karang secara berkelanjutan", kata Syamsul Bahri.

Ia juga mengajak masyarakat Natuna agar secara bersama - sama menjaga keberlajutan ekosistem terumbu karang dengan tidak merusaknya.

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat Natuna agar menjaga kelestarian terumbu karang, tetap menangkap ikan secara ramah lingkungan, tidak menggunakan bom ikan apa lagi bius (potasium)", ajaknya.

Ia juga berterima kasih kepada Basarnas yang telah mendukung terselenggaranya acara penanaman terumbu karang yang disejalankan dengan pengibaran bendera merah putih bersama forkompimda setempat.

"Sebelumnya kita juga telah melakukan pemasangan tugu merah putih ANTARA di laut teritorial Indonesia dan 76 terumbu karang yang tersebar di titik- titik strategis wisata bawah laut, diantaranya Karang Kering, Senua, Alif Stone Park, Pantai Tanjung, dan terakhir disini, Pantai Batu Kuning, Teluk Buton", jelasnya.

 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar