BP Batam siapkan wisata medis KEK Kesehatan Internasional Sekupang

id kek kesehatan internasional sekupang, kek kesehatan batam,Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam Enoh Suharto Prano

BP Batam siapkan wisata medis KEK Kesehatan Internasional  Sekupang

Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam Enoh Suharto Pranoto. (ANTARA/ HO-BP Batam)

Batam (ANTARA) - Badan Pengusahaan Batam menyiapkan Kawasan Ekonomi Khusus Kesehatan Internasional Sekupang (KEK KIS) dalam upaya mengembangkan wisata medis, sejalan dengan rencana  "Indonesia Health Tourism Board" yang digaungkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam Enoh Suharto Pranoto mengatakan rencana pengembangan KEK KIS di Batam diharapkan dapat menangkap peluang wisatawan medis.

"Pengembangan KEK KIS ini juga dapat menciptakan ekosistem medis yang mendukung kawasan kesehatan seperti industri farmasi, alat kesehatan dan jasa akomodasi," kata Enoh dalam Focus Group Discussion (FGD) Inovasi Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha untuk Membangun KEK Kesehatan Bertaraf Internasional di Sekupang Batam, sebagaimana keterangan pers, Kamis.

Dalam FGD, BP Batam mendapatkan masukan berkaitan model kerja sama yang bisa dikembangkan, karena diharapkan mendapatkan mitra internasional.

Wisata medis diharap dapat berkembang, tanpa mengganggu pelayanan medis yang ada saat ini.

Ia tengah menyusun rencana pengembangan KEK Kesehatan Internasional Sekupang demi menangkap potensi pasar kesehatan Indonesia. Pihaknya mencatat, sebelum pandemi COVID-19, pengeluaran pasien berobat ke luar negeri mengalami peningkatan sejak 2015 hingga 2019.

"Untuk itu, perlu adanya suatu strategi pengembangan, pemasaran, dan model kerjasama kawasan kesehatan bertaraf internasional yang tepat sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia," kata Enoh.

Kepala Pusat Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas dan Kawasan Ekonomi Khusus (KPBPB dan KEK) BP Batam Irfan Syakir Widyasa menilai Kawasan Sekupang menjadi magnet baru sebagai wisata kesehatan.

Wisata kesehatan di Sekupang, terintegrasi dengan destinasi wisata baru lainnya yang akan diluncurkan yaitu Taman Rusa BP Batam.

"Dan di daerah Sekupang juga ada Kawasan Agribisnis Sekupang, Fisherism Tanjung Riau dan Kawasan Agro Marina," kata Irfan.

Sekjen Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Pusat dr Lia G Partakusuma mendukung wisata medis pada KEK Kesehatan Bertaraf Internasional di Sekupang, Batam.

"Pilihlah keunggulan yang spesifik, tidak sulit dengan SDM, alat, fasilitas semua tersedia di Batam. Saya yakin, proyek ini akan menjadi tujuan/destinasi wisata yang membanggakan di Indonesia," kata Lia.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE