Liverpool gulung Manchester United 5-0

id liga inggris,liverpool,manchester united,derbi barat laut,mohamed salah,diogo jota,naby keita

Liverpool gulung Manchester United 5-0

Penyerang Liverpool Mohamed Salah merayakan torehan trigolnya ke gawang Manchester United dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Minggu (24/10/2021). (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Mohamed Salah membukukan trigol saat membantu Liverpool menggulung Manchester United 5-0 dalam laga pekan kesembilan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu.

Tiga gol Salah mengikuti gol-gol pembuka keunggulan Liverpool yang dicetak oleh Naby Keita dan Diogo Jota dalam pertandingan yang kesohor sebagai Derbi Barat Laut tersebut.

Setelah tertinggal lima gol, kenahasan MU bertambah dengan dianulirnya gol Cristiano Ronaldo serta kartu merah yang diterima Paul Pogba, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan dalam pertandingan yang kesohor sebagai Derbi Barat Laut itu mengantarkan Liverpool kembali ke posisi kedua klasemen dengan koleksi 21 poin, setelah sempat disalip oleh Manchester City (20) sehari sebelumnya.



Sedangkan MU, yang kini melewatkan empat pertandingan nirmenang, tak beranjak dari urutan ketujuh dengan 14 poin setelah disalip West Ham United (17) beberapa jam sebelumnya.

MU sebetulnya mengawali pertandingan dengan menjanjikan saat Mason Greenwood mengirimkan umpan ke sisi kanan kotak penalti, di mana Bruno Fernandes cukup memiliki ruang tembak, tapi ia malah melepaskan tembakan yang melambung tak tentu arah.

Sesaat setelah kegagalan itu, Keita memperlihatkan ketenangan yang lebih baik kala membuka keunggulan Liverpool pada menit kelima.

Berawal dari situasi serangan balik, Roberto Firmino mengirimkan umpan kepada Salah yang segera meneruskannya ke Keita dan gelandang asal Guinea itu jauh lebih tenang dibandingkan Fernandes untuk menyelesaikan peluang itu dan memperdaya kiper David de Gea.

Keunggulan Liverpool bertambah pada menit ke-13 lewat gol Jota, memanfaatkan pertahanan MU yang begitu rapuh kala Harry Maguire mengalami miskomunikasi dengan Luke Shaw.



Bola liar dikirimkan oleh Keita ke arah Trent Alexander-Arnold yang melepaskan umpan silang ke area tiang jauh di mana Jota menanti dengan sontekannya untuk membuat jala gawang MU bergoyang lagi.

MU kemudian berusaha bangkit dan tampak lebih menjanjikan selama 20 menit kemudian, tapi penyelesaian akhir mereka selalu salah atau kekurangan sentuhan.

Hal itu harus dibayar mahal, sebab pada menit ke-38 Salah menambah keunggulan Liverpool jadi 3-0. Berawal dari bola liar tembakan Salah, Keita mengejarnya untuk mengirimkan umpan tarik yang kali ini sukses diselesikan penyerang Mesir itu di area tiang dekat.

Ketertinggalan 0-3 agaknya menimbulkan frustrasi di kepala para pemain MU, termasuk sang megabintang Cristiano Ronaldo yang melakukan pelanggaran tidak perlu terhadap Curtis Jones di dekat kotak penalti Liverpool.

Ronaldo lebih dulu menjatuhkan Jones, sebelum kemudian menendang bola yang sudah berada di dekat perut gelandang Liverpool itu, beruntung ia hanya diganjar kartu kuning.



Insiden Ronaldo itu membuat injury time yang sedianya hanya tiga menit menjadi molor nyaris dua kali lipat dan Liverpool menggarami luka MU dengan gol kedua Salah, lagi-lagi buah dari keteledoran lini belakang Setan Merah.

Firmino membuat pertahanan MU kocar kacir dan bola disontek Andy Robertson untuk diteruskan Jota ke arah Salah yang berdiri tanpa kawalan di dalam kotak penalti untuk menjebol gawang MU lagi dan membuat Liverpool unggul nyaman 4-0 saat turun minum.

Selepas turun minum, Ole Gunnar Solskjaer berharap mengubah keadaan dengan memasukkan Paul Pogba menggantikan Greenwood, keputusan yang ia tidak tahu akan menjadi amat terangat salah.

Lima menit memasuki babak kedua, Salah terlebih dulu melengkapi raihan trigolnya memanfaatkan umpan terobosan apik kiriman kapten Jordan Henderson sebelum merangsek ke dalam kotak penalti dan membuat De Gea tak berkuti lagi demi menambah keunggulan Liverpool 5-0.

Pada menit ke-52, Ronaldo melakukan aksi individual setelah menerima umpan jauh Maguire dengan mengelabui Alexander-Arnold dan Keita sebelum melesakkan bola ke area tiang jauh.



Namun, sorak sorai para suporter tuan rumah dirusak oleh keputusan VAR yang menyatakan Ronaldo sudah lebih dulu berada dalam posisi offside, sehingga gol itu dianulir.

Lantas pada menit ke-59, Pogba melakukan jegalan keras terhadap Keita dengan kakinya mengenai betis lawannya itu. Awalnya wasit Anthony Taylor hanya memberi kartu kuning, tetapi setelah meninjau monitor VAR tepi lapangan ia menaikkan hukumannya jadi kartu merah.

Pelanggaran itu membuat Keita harus ditandu keluar lapangan dan digantikan oleh Alex Oxlade-Chamberlain.

Menghadapi sepuluh pemain MU, Liverpool lebih leluasa menguasai laga, sayangnya gagal menambah keunggulan hingga bubaran, termasuk saat tembakan keras Alexander-Arnold dari tepi kotak penalti bisa ditepis De Gea ke atas mistar gawang, satu-satunya penyelamatan gemilang kiper Spanyol itu malam ini.

Sebaliknya, kesialan MU berlanjut ketika sontekan jarak dekat Edinson Cavani menyambut umpan sundulan Scott McTominay berakhir membentur mistar gawang karena terlebih dulu dihalau oleh Robertson.

Kedua tim akan kembali merumput Sabtu (30/10) nanti saat MU bertandang ke markas Tottenham Hotspur dan Liverpool menjamu Brighton & Hove Albion di Anfield.

Namun, sebelumnya pada Rabu (27/10), Liverpool akan melakoni pertandingan 16 besar Piala Liga Inggris di kandang tim strata kedua Preston North End.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE