Pasar Minggu Imigrasi Batam diminati warga

id Imigrasi ,Pelayanan Paspor,Kepri,Batam

Pasar Minggu Imigrasi Batam diminati warga

Warga mengantre memberikan berkas di Pelayanan Pasrpor Hari Minggu (Pasar Minggu) di Batam (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Pelayanan Paspor Hari (Pasar) Minggu Kantor Imigrasi Kelas I khusus TPI Batam kembali diminati warga yang tidak bisa membuat paspor di hari biasa.

“Animo masyarakatnya cukup tinggi, sudah empat kali buka penuh terus yang datang. Selain itu mereka juga bisa mengunjungi mal, jadi sambil jalan-jalan buat paspor,” ujar Kepala Kantor Imigrasi kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, Subki Miuldi di Batam Kepulauan Riau kepada ANTARA, Minggu.

Subki mengatakan, untuk Pasar Minggu yang berlokasi di Mall Botania 2 ini baru empat kali dibuka setelah ada kelonggaran PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di Batam.

Baca juga:
Imigrasi pastikan dokumen UAS lengkap saat mau ke Singapura

Permohonan paspor di Imigrasi Batam naik 200 persen


Pasar Minggu ini merupakan inovasi yang dibuat Kantor Imigrasi Kelas I khusus TPI Batam. Program ini dibuat melihat banyaknya masyarakat yang tidak bisa membuat paspor pada hari biasa (Senin-Jumat).

“Jadi kami buatlah inovasi ini, Pasar Minggu atau pelayanan paspor di hari Minggu. Jadi bagi orang-orang yang tadinya sibuk di hari Senin sampai Jumat, bisa membuat paspornya di hari Minggu,” katanya.

Untuk bisa mendapat Pelayanan Paspor di hari Minggu ini, Subki mengatakan bahwa masyarakat harus terlebih dahulu mengajukan permohonan ke media yang sudah disediakan oleh Imigrasi seperti "website" atau melalui "Whatsapp" Imigrasi Batam.

“Jadi nanti media tersebut mendapat permohonan dari mereka, mereka datang ke sini dan kami data dokumen-dokumennya,” ucap Subki.

Namun untuk saat ini, permohonan pembuatan atau perpanjangan paspor di Pasar Minggu ini baru melayani 20 orang saja.

“Jadi baru buka 20 orang saja, kami mau melihat dulu animo masyarakatnya. Karena masih banyak orang yang belum tau pelayanan di sini. Tapi pasti kami tambahlah nanti,” kata Subki.

Program Pasar Minggu ini mendapat respon yang baik dari salah seorang warga yang membuat paspor di sana, Helli Maharani Aruan (31).

Baca juga:
Polda Kepri tangkap pelaku "skimming" Bank Riau Kepri di Bali

Kloter pertama Embarkasi Hang Nadim Batam berangkat 15 Juni 2022

 

Dia mengaku sudah beberapa kali mendaftar untuk perpanjangan paspor di hari biasa, namun jadwal nya selalu penuh.

“Pas lihat ada Pasar Minggu, saya langsung daftar. 13 menit setelah daftar, saya langsung dapat jadwal di sini. Pelayanan nya juga bagus di sini, nggak susah,” katanya kepada ANTARA.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE