PPIH Embarkasi Batam mulai berangkatkan JCH gelombang kedua

id kepri,batam ,haji 2022,hang nadim,PPIH Embarkasi Batam berangkatkan JCH,berangkatkan JCH gelombang kedua

PPIH Embarkasi Batam mulai berangkatkan JCH gelombang kedua

JCH kloter 5 Embarkasi Hang Nadim Batam saat proses masuk pesawat (boarding), Ahad (19/6) (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, memulai pemberangkatan jamaah calon haji gelombang kedua ke Arab Saudi dengan tujuan Jeddah pada Minggu.

Jamaah calon haji asal Riau dalam kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Hang Nadim Batam, Kepri menjadi rombongan pertama yang berangkat ke Arab Saudi pada pemberangkatan gelombang kedua.

"Alhamdulillah jamaah haji Embarkasi Batam kloter 5 Antara dari Riau tadi jam 8 pagi mendarat di Hang Nadim dan ada 3 pesawat," kata Sekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam, Edi Batara di Batam, Ahad (19/6).

Baca juga:
Dua calon haji Kalbar dirawat di RSBP Batam


KKHI Mekkah sambangi jamaah haji dengan risiko tinggi


Ia mengatakan, pemberangkatan jamaah gelombang kedua dari 19 Juni hingga 27 Juni 2022 mencakup JCH yang tergabung dalam kloter lima sampai kloter 12 Embarkasi Hang Nadim Batam.

"Untuk Embarkasi Batam sampai tanggal 27 Juni, jadi untuk besok tanggal 20 Juni tidak ada penerbangan, untuk kloter 6 tanggal 21 Juni. Hingga 24 Juni masih jamaah dari Riau. Nanti tanggal 25 Jun sampai 27 Juni dari Jambi, jadi sampai kloter terakhir embarkasi antara," ujar Edi.

JCH pada pemberangkatan gelombang pertama diterbangkan dari Batam menuju Kota Madinah, sementara pada pemberangkatan gelombang kedua jamaah diterbangkan menuju Kota Jeddah kemudian diantar menggunakan bus menuju ke Kota Mekkah dan akan menunaikan ibadah umrah terlebih dahulu.

"Setelah sampai di bandara Jeddah langsung prosesi di bandara dan naik bus lalu menuju hotel di Mekkah. Kami juga meminta petugas kloter untuk ada waktu satu jam istirahat. Kemudian lanjut ke Kakbah naik bus, dibimbing petugas maktab yang ditentukan disana akan melaksanakan umroh wajib dari haji ini, langsung pelaksanaan lainnya untuk tawaf sai dan seterusnya," kata Edi.

Sementara itu, Ketua Kloter 5 Embarkasi Hang Nadim Batam, Syamsuatir Syamsuar mengatakan, sebanyak 450 JCH asal Riau terdiri dari Kabupaten Kampar, Kabupaten Inhu dan Kota Pekanbaru.

Baca juga: Enam calon haji Kalbar terpaksa menunda keberangkatan ke Tanah Suci

Cegah dehidrasi, jamaah haji disarankan minum oralit


"Jamah yang tergabung dalam kloter 5 ini terdiri dari Kabupaten Kampar, Kabupaten Inhu dan ada tambahan 7 orang dari Kota Pekanbaru, jumlah jamaah semuanya 444 orang. Ditambah satu orang pembimbing ibadah, satu orang ketua kloter, satu dokter dan paramedis, dua orang petugas daerah. Jadi secara keseluruhan 450 yang berangkat," kata Syamsuatir saat menunggu kedatangan pesawat di Bandara Hang Nadim Batam, Ahad (19/6).

Selain itu, ia mengatakan tidak ada calon haji yang gagal ataupun tertunda keberangkatannya pada kloter 5.

"Jamaah yang berangkat ini sesuai dengan jadwal dan sesuai list keberangkatan, tidak ada yang tertunda atau batal, Alhamdulillah," ujar dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE