China kecam kunjungan Ketua DPR AS Pelosi ke Taiwan

id Nancy Pelosi,kunjungan Pelosi,Selat Taiwan,isu Taiwan, Kemerdekaan Taiwan

China kecam kunjungan Ketua DPR AS Pelosi ke Taiwan

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu menyambut Ketua DPR AS Nancy Pelosi di Bandara Songshan, Taipei, Taiwan, 2 Agustus 2022. (Kemlu Taiwan/HO via Reuters/as)

Beijing (ANTARA) - Sedikitnya lima otoritas di China mengeluarkan pernyataan bersama yang mengecam kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, sementara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) menggelar latihan militer di dekat Taiwan.

Kelima otoritas tersebut yaitu Kementerian Luar Negeri, Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional, Komite Sentral Partai Komunis China Urusan Taiwan, Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China Urusan Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan Nasional.

Kelimanya menganggap kunjungan Ketua DPR AS Pelosi itu merusak fondasi kemitraan China-AS dan China akan mengambil tindakan yang diperlukan guna melindungi kedaulatan dan integritas wilayahnya.

Semua konsekuensi harus ditanggung oleh AS dan kelompok separatis "kemerdekaan Taiwan", kata Kementerian Luar Negeri dalam pernyataan itu.

Tidak lama setelah Pelosi mendarat di Taiwan, Komando Armada Timur PLA langsung menggelar latihan dan operasi militer bersama di sekitar Pulau Taiwan.

Latihan militer yang melibatkan pasukan laut dan udara itu digelar di wilayah utara, barat daya, dan tenggara Taiwan.

Latihan penembakan jarak jauh digelar di Selat Taiwan dan latihan peluncuran rudal konvensional dilakukan di timur Taiwan, menurut pernyataan juru bicara Komando Armada Timur PLA Kolonel Senior Shi Yi.

Sebelumnya, Badan Keselamatan Maritim China telah mengeluarkan peringatan navigasi yang melarang kapal-kapal sipil melintasi perairan Laut Bohai dan Laut Timur China pada 3-6 Agustus 2022 untuk kepentingan latihan tempur PLA tersebut.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: China kecam kunjungan Pelosi, gelar latihan tempur di dekat Taiwan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE