Menag lobi Menteri Haji Saudi turunkan biaya akomodasi calon haji

id Haji,Biaya masyair,Menag,Yaqut cholil qoumas

Menag lobi Menteri Haji Saudi turunkan biaya akomodasi calon haji

Tangkapan layar - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat rapat evaluasi dengan Komisi VIII DPR RI soal penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi di Jakarta, Rabu (31/8/2022). (ANTARA/Asep Firmansyah/Youtube-Komisi VIII DPR RI)

Secara informal saya bicara dengan Menteri Haji Saudi dan mengundang ke Indonesia. Maksud saya, mau negosiasi di sini. Insya Allah beliau akan datang ke Indonesia 10 Oktober. Jadi di situ kesempatan kita
Jakarta (ANTARA) -
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengundang Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Rabiah ke Indonesia untuk bernegosiasi perihal biaya Masyair atau layanan akomodasi jamaah dari Mekkah ke Arafah yang membengkak.
 
"Secara informal saya bicara dengan Menteri Haji Saudi dan mengundang ke Indonesia. Maksud saya, mau negosiasi di sini. Insya Allah beliau akan datang ke Indonesia 10 Oktober. Jadi di situ kesempatan kita," ujar Menag Yaqut saat rapat evaluasi bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Rabu.
 
Pernyataan Menag itu menanggapi pertanyaan dari sejumlah anggota DPR RI soal biaya Masyair dan menilai bahwa upaya Kemenag dalam bernegosiasi dirasa kurang.

Pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah biaya Masyair naik dari SAR1.800 menjadi SAR5.656 atau setara Rp21,76 juta per orang. Kondisi itu membuat Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) naik.
 
Yaqut mengatakan saat otoritas Saudi mengumumkan kenaikan biaya Masyair, Kemenag langsung meresponnya dengan melayangkan nota protes hingga bernegosiasi secara langsung.
 
Dari hasil negosiasi tersebut, Kemenag tak mendapat timbal balik yang memuaskan dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.
 
"Awalnya mereka mematok harga 6.000 real. Kita melakukan negosiasi alot, turunnya hanya sedikit. Ini kita ulang (negosiasi) ketika selesai prosesi Masyair, setelah selesai saya datangi lagi saya ngotot minta ketemu," kata Menag.
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menag undang Menteri Haji Saudi ke Indonesia negosiasi biaya Masyair

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE