Tanaman Lidah Mertua Tekan Pencemaran Udara

id lidah mertua, ully, komunitas pecinta sansevieria indonesia, PF2N

Tanaman Lidah Mertua Tekan Pencemaran Udara

Ketua Umum Komunitas Pecinta Sansevieria Indonesia,Ully Hary Rusady. (Foto kepri.antaranews./Jo)

Batam, 16/7 (ANTARA) - Penyanyi Ully Hary Rusady mengatakan sanseviera atau tanaman lidah mertua dapat menekan pencemaran sehingga layak dimasyarakatkan karena faedahnya.

 "Sansevieria merupakan tanaman yang memiliki banyak daya guna bagi masyarakat," kata Ully, di sela-sela Seminar Budi Daya Sansevieria, di arena Pekan Flori Flora Nasional (PF2N) di Batam, Jumat.

Permasalahan polusi udara saat ini menjadi kasus lingkungan hidup perkotaan yang harus segera diantisipasi karena mengancam kesehatan umat manusia, kata Ully, ketua Umum Komunitas Pencinta Sansevieria Indonesia (Kompensasi).

Menurut Ully, sansevieria dapat mengurangi dampak radiasi yang ditimbulkan dari peralatan elektronik. Bahkan, dia juga menyatakan tanaman jenis ini mampu menyerap 107 jenis racun yang terkandung dalam polusi udara.

Jenis-jenis racun itu menurutnya antara lain karbon monoksida, nikotin bahkan radiasi nuklir.

Sansevieria menurutnya merupakan tanaman yang mampu mengeluarkan oksigen selama 24 jam penuh sehingga mampu menstabilkan suplai oksigen bagi lingkungan sekitar.

 Selain berguna untuk menekan polusi udara, tanaman sansevieria dari struktur batang, daun hingga akar  dapat digunakan media obat alternatif seperti obat antiseptik, kanker hingga menurunkan tekanan darah.

Ully mengaku mulai mencintai tanaman sansevieria ini sejak 17 tahun lalu.
Awal kecintaan terhadap tanaman ini lebih didasarkan sansevieria sebagai tanaman obat, namun selama 3 tahun ini dirinya semakin mencintai tanaman ini sebagai tanaman hias.

Dia mengharapkan pemerintah mampu mengampanyekan penanaman sansevieria di kalangan masyarakat untuk menekan polusi udara maupun memanfaatkannya sebagai tanaman obat. (Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE