Insyah Fauzi-Andi Najib Gunakan Jalur Independen

id idependen, pemilihan, batam, insyah, komisi, umum, najib, hendriyanto, kepulauau riau

Batam (ANTARA News) - Insyah Fauzi-Andi Najib menjadi satu-satunya pasangan bakal calon kepala daerah dari jalur independen untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam 5 Januari 2011.

"Hingga pukul 24.00 WIB (Sabtu, red), hanya satu pasangan independen yang menyerahkan syarat ke KPU Batam," kata Ketua KPU Batam Hendriyanto di Batam, Kepulauan Riau, Minggu 8 Agustus 2010.

Pasangan Insyah Fauzi-Najib, kata dia, menyerahkan bukti dukungan secara langsung Sabtu sekitar pukul 23.30 WIB, menjelang penutupan penyerahan syarat.

Selanjutnya, KPU akan memeriksa apakah bukti dukungan itu sesuai dengan syarat yang ditentukan KPU, yaitu dukungan tertulis dan fotokopi KTP sebanyak 30.000 pendukung.

Selain dukungan 30.000 warga Batam yang sudah memiliki hak pilih, maka KPU akan memeriksa apakah sebaran pendukung di kecamatan-kecamatan memenuhi persyaratan atau tidak, kata Ketua KPU.

Jika prasyarat itu tidak dipenuhi, maka KPU Batam akan memberikan waktu kepada bakal calon independen untuk memperbaikinya.

"Kalau syarat tidak tercapai, nanti akan dikembalikan KPU untuk diperbaiki," kata Ketua KPU Batam.

KPU, kata dia, memberikan batas waktu revisi hingga 12 Agustus 2010, kata dia.

Jika dalam tenggat itu masih belum bisa diperbaiki, maka bakal calon tidak dapat melanjutkan proses pencalonan untuk Pilkada Batam 2011. (YJN/*Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE