TNI AL serahkan satu unit kapal serbu pada Lantamal XIII Tarakan

id Kapal serbu,TNI AL,Batam,Kepri

TNI AL serahkan satu unit kapal serbu pada Lantamal XIII Tarakan

Satu unit kapal serbu 20 meter Patkamla Posa karya anak bangsa kepada Lantamal XIII Tarakan di Batam Kepulauan Riau untuk mendukung kegiatan di Ibu Kota Negara (IKN). (ANTARA/HO-Humas Lantamal IV Batam)

Batam (ANTARA) - TNI Angkatan Laut (AL) menyerahkan satu unit kapal serbu 20 meter Patkamla Posa kepada Danlantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Fauzi, di Batam, Kepulauan Riau, untuk mendukung kegiatan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Wakil Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Waaslog Kasal) Laksamana Pertama TNI Budi Sulistiyo mengatakan kapal karya anak bangsa yang dibuat di Batam itu nantinya akan memperkuat Lanal Balikpapan, Lantamal XIII Tarakan, dan Koarmada 2 sesuai keputusan Kasal Nomor Kep/3346/IX/2022 tentang Penetapan Satu Unit Kapal Serbu 20 Meter.

“Kapal serbu ini merupakan salah satu unsur kekuatan TNI AL yang mempunyai fungsi sebagai kapal patroli yang mampu melaksanakan pengejaran dan penangkapan di wilayah perairan,” ujar Budi dari keterangan yang diterima ANTARA di Batam, Kamis.

Selain mempunyai fungsi sebagai kapal patroli, kapal ini mempunyai fungsi lain yang berguna untuk mendukung kegiatan di laut.

“fungsi lain di antaranya melakukan penyelidikan, peperangan khusus antiteror aspek laut, dan mampu melaksanakan search and rescue (SAR),” ucapnya.

Patkamla Posa sendiri memiliki panjang 20 diplacement 30 ton ini dibekali 2 mesin bertenaga 1400 HP sehingga mampu mencapai kecepatan 50 knots.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE