Lionel Messi raih Bola Emas, Mbappe kebagian Sepatu Emas

id Piala Dunia 2022, Lionel Messi,Kylian Mbappe,golden ball,sepatu emas, mbappe ,hasil piala dunia 2022, final piala dunia 2022, pemain terbaik piala dun

Lionel Messi raih Bola Emas, Mbappe kebagian Sepatu Emas

Enzo Fernandez, Lionel Messi, Emiliano Martinez dan Kylian Mbappe berposes bersama setelah masing-masing meraih penghargaan sebagai Pemain Muda Terbaik, Penjaga Gawang Terbaik, Pemain Terbaik dan Sepatu Emas setelah final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, Doha, 18 Desember 2022. (Photo by Odd ANDERSEN / AFP) (AFP/ODD ANDERSEN)

Jakarta (ANTARA) - Lionel Messi dinobatkan sebagai peraih Bola Emas atau Golden Ball, lambang pemain terbaik selama Piala Dunia 2022 ini setelah memimpin Argentina menaklukkan Prancis dalam babak final. Sedangkan Mbappe mendapatkan Sepatu Emas.

Messi mencetak dua gol sehingga menambah jumlah golnya dalam turnamen ini menjadi tujuh dan juga mencetak gol dalam adu penalti saat Argentina mengalahkan Prancis 4-2 melalui adu penalti menyusul imbang 3-3 setelah perpanjangan waktu.

Kylian Mbappe menduduki urutan kedua setelah Messi tetapi striker Prancis ini meraih Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia Qatar dengan delapan gol atau satu gol lebih banyak dari kapten Argentina itu.

Luka Modric berada pada urutan ketiga dalam daftar pemain terbaik setelah mengantarkan Kroasia finis urutan ketiga.

Emiliano Martinez meraih Golden Glove sebagai kiper terbaik Piala Dunia 2020, sedangkan rekan senegaranya Enzo Fernandez yang masih berusia 21 tahun dinobatkan sebagai pemain muda terbaik.

Kemenangan atas Prancis membuat Argentina mengangkat Piala Dunia untuk ketiga kalinya setelah Piala Dunia 1978 dan 1986, demikian AFP.

Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 setelah mengalahkan Prancis 4-2 lewat adu penalti di Stadion Lusail, Doha, Minggu waktu setempat menyusul hasil imbang 3-3 setelah babak tambahan.

Pada waktu normal dan babak tambahan, gol Argentina diciptakan oleh Lionel Messi dari titik penalti pada menit ke-23 dan pada menit ke-108 serta Angel Di Maria pada menit ke-36, sedangkan Prancis membuat tiga gol balasan lewat Kylian Mbappe pada menit ke-80 (P) dan ke-81, serta ke-118 (P), demikian laman resmi FIFA.

Setelah bermain imbang hingga akhir babak tambahan, Argentina memenangi babak adu penalti ketika keempat eksekutornya berhasil menjebol gawang Lloris, di saat Kingsley Coman mendapati tembakannya ditepis kiper Emiliano Martinez dan tendangan Aurelien Tchouameni melebar.

Itu merupakan gelar ketiga Argentina di Piala Dunia setelah terakhir kali memenangi turnamen itu pada 1986. Kemenangan itu juga mewujudkan mimpi Lionel Messi di pentas tertinggi sepak bola pada apa yang kemungkinan menjadi Piala Dunia terakhirnya. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Messi pemain terbaik raih Bola Emas, Mbappe kebagian Sepatu Emas

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE