Mendes PDTT ajak warga Kepri jaga kelestarian budaya di Pulau Penyengat

id Pulau penyengat,mendes pdtt,kepulauan riau,gubernur kepri,Abdul Halim Iskandar,Ansar Ahmad

Mendes PDTT ajak warga Kepri jaga kelestarian budaya di Pulau Penyengat

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad berdoa di makam pahlawan nasional, Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kamis (2/2). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak masyarakat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) bersama-sama menjaga kelestarian budaya di Pulau Penyengat, Kota Tanjungpinang.

"Menjaga kelestarian budaya merupakan suatu hal yang wajib kita lakukan, dengan mengenalkan peninggalan budaya asli daerah kepada masyarakat luar, maka kebudayaan itu akan terus terjaga dengan baik dan tidak hilang ditelan kemajuan zaman," kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat berkunjung ke Pulau Penyengat, Kamis.

Menteri yang akrab disapa Gus Halim itu menyempatkan diri berkunjung ke wisata religi Pulau Penyengat di sela-sela menghadiri peringatan hari BUMDes Nasional 2023 di Kabupaten Bintan. Dalam kunjungannya, ia didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan jajaran.

Saat tiba di pulau itu, Gus Halim dan Gubernur Ansar Ahmad terlebih dahulu melakukan shalat Dhuha di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat. Setelahnya rombongan disuguhi makanan khas tanah Melayu yaitu nasi dagang dan telur rebus.

Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi kompleks makam Pahlawan Nasional Raja Haji Fisabilillah. Lalu langsung bergegas ke Kompleks makam Raja Hamidah/ Engku Puteri Hamidah dan makam Pahlawan Nasional Raja Ali Haji.



Sesampainya di tiga makam Pahlawan Nasional itu, Mendes PDTT dan Gubernur Kepri menyempatkan mengirim doa. Ia merasa senang dapat kembali mengunjungi Pulau Penyengat, setelah kunjungannya terakhir sekitar tujuh tahun lalu.

"Saat ini Pulau Penyengat terlihat lebih rapi, jalan-jalannya sangat rapi karena sudah diperbaiki dan Masjid Raya Sultan Riau Penyengat juga tampak cantik usai direvitalisasi. Saya mengucapkan terima kasih karena Gubernur Ansar pada tahun 2022 sudah merevitalisasi pulau ini," ungkap Mendes PDTT.

Sementara itu Gubernur Ansar meyakini dengan semakin indah dan cantiknya Pulau Penyengat akan menambah jumlah kunjungan wisatawan ke pulau tersebut. Tentu ini akan membuat masyarakat Pulau Penyengat meningkatkan ekonominya.

"Kami harap Pulau Penyengat ramai dikunjungi oleh wisatawan Nusantara dan mancanegara. Juga semakin menjadi destinasi wisata sejarah religi bagi masyarakat di Provinsi Kepri, khususnya Tanjungpinang," ucap Gubernur Ansar.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendes PDTT ajak jaga kelestarian budaya Pulau Penyengat Riau

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE