F1 Powerboat bisa jadikan Danau Toba jadi tujuan wisatawan dunia

id F1 Powerboat ,Danau toba ,F1H2O ,Kapal ,Sumatra ,Wisata

F1 Powerboat bisa jadikan Danau Toba jadi tujuan wisatawan dunia

Kru dari pembalap asal Prancis Peter Morin dari tim China CTIC mempersiapkan kapal cepatnya jelang pelaksanaan putaran pertama Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara, Kamis (23/2/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.

Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) bisa menjadikan Danau Toba sebagai destinasi utama wisatawan dunia. Hal itu dikatakan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong, di Kota Balige, Sumatra Utara, Kamis (23/2/2023).

DIkatakannya, putaran pertama F1 Powerboat yang bergulir pada 25-26 Februari itu, telah menarik minat masyarakat termasuk wisatawan mancanegara untuk datang langsung menyaksikan gelaran tersebut.

“Tiket diburu pengunjung, apalagi yang online, semua habis. Event ini membuat Danau Toba kembali terkenal sebagai daerah tujuan wisata,” ujar Usman

Dia juga memberikan apresiasi kepada banyak pihak yang telah bekerja keras untuk menjadikan event internasional itu terselenggara dengan baik dan lancar.

“Kita akan menyelenggarakannya hingga lima tahun ke depan, tentu harus terus kita dukung,” kata Usman.

Dia berharap gelara-gelaran internasional seperti F1Powerboat ini bisa terus dipercayakan untuk diselenggarakan di Indonesia. Hal tersebut, akan sejalan dengan program pemerintah Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

“Ini adalah untuk pariwisata olahraga. Kami berharap akan ada 1,3 juta perjalanan menuju ke Danau Toba,” katanya.

Pemerintah, kata Usman, memang sedang mendorong pariwisata olahraga sebagai daya tarik, tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri, tapi juga luar negeri karena Indonesia sejak lama dikenal sebagai salah satu negara dengan keindahan dan kekayaan alamnya.

“Ini adalah sport tourism. Jadi kita harus mempersiapkan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM)-nya,” kata Usman.

Danau Toba ditetapkan Presiden RI, Joko Widodo sebagai salah satu dari 5 kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga mendukung pengembangan infrastruktur di lokasi tersebut.

Mulai penataan kawasan, jalan dan jembatan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, hingga perbaikan hunian penduduk (Sarana Hunian Pariwisata).



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: F1 Powerboat dorong Danau Toba jadi tujuan wisatawan dunia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE