Kunjungan wisatawan ke Natuna meningkat selama 2022

id Natuna, kepri, wisata natuna,kepulauan riau,wisman

Kunjungan wisatawan ke Natuna meningkat selama 2022

Tampak para wisatawan domestik saat mengunjungi pantai di wilayah Padang Tujuh, Natuna, Kepri beberapa waktu lalu (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna mencatat kunjungan wisatawan meningkat pada tahun 2022 dibanding tahun sebelumnya di wilayah itu, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Data yang kita kumpulkan tercatat ada 20.816 pengunjung pada tahun 2021, sudah termasuk 51 wisatawan mancanegara, sedangkan untuk tahun 2022 tercatat sebanyak 28.037 dan 57 wisatawan mancanegara, ada peningkatan," kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, Kardiman di Natuna, Senin.

Menurutnya, data yang tercatat tersebut berdasarkan rata rata per hari wisatawan masuk ke Natuna tiga orang, dan data juga dihimpun berdasarkan dari tingkat hunian hotel di daerah itu.

Baca juga:
Tim SAR Natuna masuk 9 besar ajang SAR Challenge 2023 nasional

Kapal roro tujuan Anambas dan Natuna tunda pelayaran karena cuaca buruk


Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Natuna, Ia mengatakan tahun ini Dinas Pariwisata setempat telah meluncurkan 31 kegiatan pariwisata, diantaranya, Festival Geopark Natuna, West Sumatera Rally Yacht dan Festival Pantai Sisi.

"Khusus untuk Festival Pantai Sisi yang di buat oleh pihak Kecamatan Serasan untuk persiapan dan mendukung pengoperasian PLBN (Pos Lintas Batas Negara) Serasan," kata Kardiman.

Ia juga mengatakan penyelenggara kegiatan terdiri dari berbagai pihak, hasil kerjasama pemerintah daerah bersama komunitas dan pengelola destinasi di daerah itu.

Baca juga:
Waspadai gelombang lebih dari enam meter di Laut Natuna

Basarnas bantu promosikan produk khas Natuna lewat bazar


"31 kegiatan tersebut ada yang merupakan kolaborasi antar OPD, ada yang dibuat kecamatan, desa dan komunitas," kata Kardiman.

Selanjutnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna belum menetapkan target kunjungan para wisatawan pada tahun ini, namun akan terus berupaya agar tingkat kunjungan semakin meningkat dari tahun sebelumnya.

"Kita yakin tahun ini akan lebih baik lagi karena kondisi sudah sangat berbeda dibandingkan awal adanya COVID - 19," ujar Kadirman.

Baca juga:
Kantor Bahasa Kepulauan Riau mutakhirkan data komunitas literasi

Kapal roro tujuan Anambas dan Natuna tunda pelayaran karena cuaca buruk

DPRD Kota Batam dorong program pengembangan SDM untuk industri

Pemkot Batam ajak masyarakat hidup sehat melalui senam sehat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE