Kantor Bahasa Kepulauan Riau mutakhirkan data komunitas literasi

id Kepri,batam,komunitas,literasi,kantor ,bahasa,kepulauan riau, kantor bahasa kepri,teguh madia tarigan

Kantor Bahasa Kepulauan Riau mutakhirkan data komunitas literasi

Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau saat melakukan pemutkhiran data komunitas literasi di Kabupaten Lingga (ANTARA/HO-Kantor Bahasa Kepri)

Batam (ANTARA) - Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan pemutakhiran data komunitas literasi di seluruh kabupaten/kota di wilayah setempat.

Koordinator pemutakhiran data komunitas literasi, Kantor Bahasa Kepri, Teguh Madia Tarigan, mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mendata dan memberi bantuan bagi komunitas literasi Kepri yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dan luring dengan mengisi aplikasi dan wawancara yang sudah disiapkan oleh Kantor Bahasa Kepri.

Baca juga:
Kapal roro tujuan Anambas dan Natuna tunda pelayaran karena cuaca buruk

DPRD Kota Batam dorong program pengembangan SDM untuk industri

"Semua data yang masuk baik secara daring maupun luring akan diolah oleh tim Kelompok Kepakaran Layanan Profesional Literasi (KKLP) dari Kantor Bahasa Kepri dan akan menghasilkan data Komunitas Literasi Kepri yang diteruskan kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk mengolah data secara nasional," kata Teguh dalam keterangan yang diterima di Batam, Senin.

Pemutakhiran data komunitas literasi dilaksanakan pada tahun 2023 di Kabupaten Lingga, Anambas, dan Natuna, yang merupakan kelanjutan dari kegiatan pemutakhiran data komunitas literasi pada tahun 2022 yang diadakan di Kota Tanjungpinang, Batam, Kabupaten Bintan, serta Kabupaten Karimun.

"Dari pengamatan di Kabupaten Lingga terdapat lima Komunitas Literasi, empat dari Kecamatan Daek yakni Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Inovatif, TBM Pelangi Panggak Laut, TBM Lentera Pustaka, dan TBM Menimba Ilmu, serta satu dari Kecamatan Daek, Rumah Pintar Laksamana Cendikia," ujar Teguh.

Pada tahun 2022 kegiatan pemutakhiran data komunitas literasi Kepri menghasilkan 18 komunitas literasi yang tersebar di daerah Kota Tanjungpinang, Batam, dan Kabupaten Bintan, serta Kabupaten Karimun, dengan klasifikasi delapan terakreditasi A, lima terakreditasi B, serta lima terakreditasi C.

Baca juga:
Pemkot Batam ajak masyarakat hidup sehat melalui senam sehat

Waspadai gelombang lebih dari enam meter di Laut Natuna


Ia menjelaskan dari keempat TBM di Kecamatan Daek, semuanya dipegang oleh anak muda yang cinta terhadap kemajuan pendidikan anak usia sekolah di desanya.

Sementara satu TBM di Kecamatan Dabo dikelola oleh Angkatan Laut untuk memajukan kecerdasan anak bangsa di Kecamatan Dabo dan Kabupaten Anambas dan Natuna akan dilaksanakan untuk waktu yang belum ditentukan.

Teguh mengharapkan pada tahun 2023 seluruh komunitas literasi yang ada di Kepri terlibat dalam kegiatan pemutakhiran data agar mendapatkan data yang valid dengan tujuan peningkatan dan pengembangan komunitas literasi.

Baca juga:
Wahyu Wahyudin minta Pemprov Kepri serius perjuangkan TPP PNS 2023

UPTD Damkar Bintan Timur tangani kebakaran lahan dua hektare

UPTD Damkar Bintan Timur evakuasi ular kobra masuk sumur warga

Basarnas bantu promosikan produk khas Natuna lewat bazar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE