Jokowi ingatkan semua pihak hati-hati setelah SVB bangkrut

id SVB kolaps,Jokowi,ekonomi global,Signature Bank

Jokowi ingatkan semua pihak hati-hati setelah SVB bangkrut

Presiden Joko Widodo usai menghadiri pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri, Jakarta, Rabu (15/3/2023). (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Jokowi mengingatkan semua pihak berhati-hati dengan kegentingan ekonomi global setelah Silicon Valley Bank (SVB) bangkrut di Amerika Serikat, yang disusul Signature Bank ditutup.

"Kita tahu baru sehari dua hari lalu hal-hal yang tidak terduga muncul. Ada kebangkrutan bank di Amerika, Silicon Valley Bank, semua ngeri begitu ada satu bank yang bangkrut, dua hari muncul lagi bank berikutnya yang kolaps Signature Bank," kata Jokowi dalam Pembukaan Business Matching Produk Dalam Negeri di Jakarta, Rabu.

Jokowi mengatakan bahwa kebangkrutan bank yang banyak mendanai perusahaan rintisan itu kemudian menjadi perhatian negara-negara dunia. Kebangkrutan bank tersebut, kata Jokowi, menimbulkan kengerian di pasar keuangan dunia.

"Semua negara sekarang menunggu efek domino akan ke mana," kata dia.

Oleh karena itu, Jokowi menekankan, Indonesia harus tetap berhati-hati, termasuk dalam penggunaan APBN agar tidak tergantung dengan produk dan pihak asing.

Kepala Negara menyinggung pendapatan negara dalam APBN berasal dari pajak rakyat, deviden BUMN, royalti pertambangan, dan sumber lainnya dalam penerimaan bukan pajak. Dana dari APBN yang terkumpul tersebut, kata Jokowi, tidak tepat jika banyak yang dibelanjakan untuk produk impor.

“Kemudian kita belikan produk impor. Kemudian kita belikan produk buatan luar negeri. bener? bener? inilah yg selalu saya ingatkan,” kata Presiden Jokowi.

Kebangkrutan SVB merupakan kegagalan bank terbesar di AS setelah krisis pada 2008 yang disebabkan kejatuhan Lehman Brothers akibat kredit macet perusahaan properti dan real estate.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE