Tips agar tetap sehat saat puasa di musim pancaroba

id puasa,tips sehat,Ramadhan 2023

Tips agar tetap sehat saat puasa di musim pancaroba

Umat Islam melaksanakan shalat tarawih di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/3/2023). Masjid Raya Sheikh Zayed pertama kali digunakan untuk tarawih dan akan diisi berbagai kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan diantaranya tadarusan dan buka puasa bersama. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/tom.

Jakarta (ANTARA) - Ramadhan 1444H/2023 telah dijalani kaum muslim di Indonesia dan juga dunia. Bulan puasa tahun ini bertepatan dengan musim pancaroba. Agar puasa dapat dijalankan dengan kondisi tubuh yang sehat, ada sejumlah hal yang perlu dipehatikan dalam kondisi cuaca seperti ini. 

Chief of Medical Halodoc dr. Irwan Heriyanto, MARS, Kamis (23/3/2023) menjelaskan, musim pancaroba memang membuat penyebaran penyakit menjadi jauh lebih cepat, salah satu penyebabnya adalah kemampuan organisme patogen yang dapat bertahan hidup di luar inang.

Irwan memberikan beberapa tips agar tetap sehat dalam menjalani puasa di musim pancaroba.

Baca juga: Presiden RI minta buka puasa bersama pejabat pemerintah ditiadakan

Tidur cukup

Sudah lazim, ada sebagian orang akan kekurangan waktu tidur saat Ramadhan. Oleh karena itu, pastikan anda memenuhi kebutuhan tidur selama 6-8 jam per hari. Durasi tidur yang cukup akan membuat imunitas tubuh tetap terjaga saat anda harus tetap aktif bergerak dan berkegiatan.

Baca juga: Mari kunjungi! Bazar Batam Wonderfood Ramadhan diramaikan ratusan UMKM

Berbuka dan sahur dengan makanan yang mengandung antioksidan

Mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan kesehatan.

Beberapa makanan yang kaya akan antioksidan seperti brokoli, bayam, wortel, tomat, apel, stroberi, blueberry, dan anggur.

Baca juga: Batam tambah pasokan gas elpiji 3 kg jelang Ramadhan

Perhatikan cara konsumsi kopi dan teh

Kopi atau teh dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal ini akan berdampak pada rasa lemas yang akan timbul sejak pagi saat berpuasa.

Konsumsi teh terlalu manis sebaiknya dihindari saat sahur karena akan memicu rasa haus di siang hari.

Minuman terbaik pada saat sahur adalah air putih. Pastikan anda minum air putih minimal dua gelas pada saat sahur.

Baca juga: Ramadhan, dokter ingatkan batasi makanan tinggi lemak saat berbuka puasa

Konsumsi vitamin dan olahraga ringan

Tubuh akan kekurangan asupan gizi, air, mineral, dan vitamin selama berpuasa.  Pemenuhan nutrisi tubuh melalui vitamin dapat dilakukan. Vitamin A, D, C, zinc, yodium, dan magnesium jadi beberapa jenis suplemen yang perlu dipenuhi.

Selain itu, olahraga ringan disarankan untuk menjaga vitalitas tubuh dengan olahraga ringan seperti yoga dan pilates di malam hari setelah berbuka puasa dan beribadah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Agar tetap sehat saat jalani puasa di musim pancaroba

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE