Kabar gembira! Ditemukan senyawa tanaman serai untuk obat anti-rhinitis alergi

id unair,serai,anti rhinitis alergi,Junaidi Khotib ,obat bersin,mata gatal

Kabar gembira! Ditemukan senyawa tanaman serai untuk obat anti-rhinitis alergi

Tanaman serai yang berpotensi sebagai bahan baku obat anti-rhinitis alergi. (ANTARA/HO-Humas Unair)

Surabaya (ANTARA) - Tim peneliti Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang dipimpin oleh Prof Junaidi Khotib menemukan senyawa metabolit sekunder serai berpotensi sebagai bahan baku obat anti-rhinitis alergi.

"Rhinitis alergi merupakan reaksi alergi yang ditandai dengan gejala bersin, hidung tersumbat, dan mata gatal," kata Prof Junaidi yang merupakan ketua inventor di Surabaya, Jumat (24/3/2023).

Prof Junaidi menjelaskan tahapan penelitian dimulai dengan pemilihan dan preparasi ligan yang berasal dari metabolit tanaman serai menggunakan database KNAPSACK Family. Dari proses tersebut, diperoleh sebanyak tujuh metabolit sekunder serai yaitu citronellal, citral, lonicerin, (Z)-citral, (E)-citral, swertiajaponin, dan orientin.

Ketujuh metabolit sekunder serai itu, lanjutnya, menunjukkan profil toksisitas yang baik setelah diuji menggunakan pkCSM online tool. Seluruh proses,kata dia, dilakukan dengan metode in silico seperti penentuan protein target hingga penambatan molekul.

"Metode in silico adalah simulasi pada komputer, jadi ada struktur reseptor dan struktur antigen, dia berikatan menimbulkan alergi. Kalau berbagai senyawa yang kita eksplorasi kita gunakan untuk ngeblok bisa, maka tidak alergi dan sebaliknya," katanya.

Dekan Fakultas Farmasi Unair itu berharap inovasi ini dapat menjadi rujukan bahwa tanaman serai tidak hanya bermanfaat sebagai aromatik, namun juga bisa mengatasi penyakit rhinitis alergi. Sehingga inovasi tersebut membawa angin segar dalam pengembangan obat medis.

Temuan ini telah terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI) berupa hak paten pada Agustus 2022.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Peneliti temukan senyawa serai untuk obat bersin hingga mata gatal

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE