Pemerintah pusat siapkan Draf Perpres pengembangan Pulau Serasan

id Natuna, kepri, plbn serasan, pulau serasan

Pemerintah pusat siapkan Draf Perpres pengembangan Pulau Serasan

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Pulau Serasan, Natuna, Kepri beberapa waktu lalu (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Pemerintah pusat telah menyiapkan draf Peraturan Presiden (Perpres) tentang kawasan strategis dalam pengembangan Pulau Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri untuk diajukan kepada DPR RI.

"Rancangan Perpres tersebut saat ini masih draf, tinggal diajukan dan menunggu persetujuan DPR RI," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko di Natuna, Jumat (24/3/2023).

Ia menjelaskan dalam rancangan Perpres tersebut sudah mencakup pembagian titik-titik kawasan strategis termasuk pariwisata, pelabuhan dan bandara.

“Pengembangan kawasan Serasan sudah mencakup dalam Perpres itu, salah satunya pengembangan landasan udara di Jermalik,” kata Boy.

Baca juga: Sebagian pengungsi longsor Serasan kembali ke rumah

Ia juga mengatakan hal itu ditegaskan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri pada saat rapat Pemerintah Kabupaten Natuna dengan Sekjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Serasan pada Kamis (23/3).

Oleh karena itu, menurut Boy Wijanarko, Pemerintah Kabupaten Natuna mendukung penuh upaya pemerintah pusat tersebut dan menjadikan PLBN Serasan sebagai episentrum pengembangan wilayah di perbatasan.

"Dukungan tersebut dilakukan melalui pembinaan kepada produk-produk unggulan lokal baik kerajinan maupun makanan di Serasan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro, pihak Pemkab Natuna terus melakukan upaya pengembangan produk unggulan daerah sehingga dapat berkualitas dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca juga: Pemkab Anambas kirim bantuan untuk korban tanah longsor Serasan Natuna

"Produk tikar pandan Serasan juga saat ini sudah banyak turunannya, yang dikembangkan Dekranasda seperti tas, tempat tisu dan produk lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi," kata dia.

Selain sebagai pintu masuk perlintasan di perbatasan Natuna - Malaysia, Ia juga berharap keberadaan PLBN Serasan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Natuna umumnya dan Serasan pada khususnya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE