Lima pekerja terluka akibat ledakan di kilang Pertamina Dumai

id Pertamina dumai, dumai,Kebakaran, ledakan di kilang Pertamina, Pertamina Dumai, Pertamina, ledakan

Lima pekerja terluka akibat ledakan di kilang Pertamina Dumai

Warga Kota Dumai ketika melihat kebakaran di kilang Pertamina pada Sabtu malam (1/4/23). (ANTARA/tangkapan layar)

Dumai (ANTARA) - Lima pekerja mengalami luka-luka akibat ledakan dan kebakaran yang terjadi di Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau pada Sabtu (1/4) sekitar pukul 22.40 WIB.

Juru Bicara Pertamina RU II Dumai Agustiawan, Ahad dini hari, mengatakan lima orang yang terdampak kecelakaan kerja di ruang operator tersebut saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik.

"Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil," kata dia dalam sebuah pernyataan.

Saat ini Tim Keadaan Darurat Pertamina telah berhasil mengatasi kejadian di area gas compressor Kilang Dumai. .

Baca juga: Ledakan di kilang Pertamina di Dumai sudah ditangani

Agustiawan mengatakan operasional kilang di unit terdampak dihentikan sementara guna memastikan keamanan di lokasi. Sementara unit lain di Pertamina Dumai tetap beroperasi secara normal.

 "Saat ini Tim terus fokus untuk memastikan kondisi aman. Pertamina Kilang Dumai juga terus melakukan pemantauan untuk memastikan agar masyarakat di sekitar kilang tidak terdampak oleh kejadian ini," kata Agustiawan.

Kebakaran tersebut sebelumnya disertai beberapa ledakan yang terdengar dari jarak hingga lebih 25 kilometer.

Baca juga: Kebakaran kapal KM Christin pengangkut BBM di laut Lombok berhasil dipadamkan

Agustiawan memastikan Pertamina akan bertanggung jawab atas dampak insiden tersebut.

Sebelumnya, dentuman keras disertai getaran kuat diduga berasal dari Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai, Provinsi Riau, terjadi pada Sabtu sekitar pukul 22.40 WIB, hingga mengakibatkan kebakaran.

Dari pantauan di Dumai, Sabtu, warga terdekat kilang minyak yang berada Kelurahan Jaya Mukti dan Tanjung Palas berhamburan keluar rumah. Ratusan warga berdesakan di pintu gerbang kilang minyak untuk melihat kondisi sebenarnya.

Banyak warga melaporkan terdengar bunyi letupan keras berdentum dan menggetarkan perabotan rumah. Dilaporkan juga ledakan terdengar juga sampai ke Pulau Rupat. Masjid Takwa di Jalan Sudirman Dumai juga terdampak akibat insiden di dalam kilang minyak Dumai ini.

"Plafon rumah warga di belakang kilang minyak juga banyak yang runtuh, dan dinding retak retak, kaca rumah pecah," kata Alex, warga setempat.

Baca juga: Kapal MT Christin pengangkut BBM Pertamina terbakar di laut Mataram NTB
 




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ledakan di Kilang Pertamina Dumai akibatkan lima pekerja terluka

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE