Kondisi lima korban ledakan di kilang Pertamina Dumai membaik

id kilang pertamina dumai,ledakan kilang,kebakaran kilang,pertamina,pertamina dumai,dumai

Kondisi lima korban ledakan di kilang Pertamina Dumai membaik

Anggota satuan pengamanan dan prajurit TNI berjaga di pintu masuk Kilang Minyak Putri Tujuh Pertamina RU II Dumai setelah ledakan terjadi di Kilang Pertamina di Dumai, Riau, Sabtu (1/4/2023). (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/foc)

Pekanbaru (ANTARA) - Kondisi lima orang pekerja yang terluka akibat ledakan dan kebakaran di kilang Pertamina di Kota Dumai, Provinsi Riau, pada Sabtu (1/4) sudah membaik, dan dipulangkan dari Rumah Sakit Pertamina Dumai.

"Mereka luka terkena serpihan kaca, dan sudah kembali ke rumah masing-masing," kata Area Manager Communication, Relations, & CSR PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II Dumai Agustiawan di Dumai, Ahad.

Ia mengatakan bahwa kelima pekerja tersebut sedang berada di dalam ruangan operator saat ledakan terjadi di kilang pada Sabtu (1/4) pukul 22.45 WIB.

"Saat kejadian terdapat lima orang yang terdampak, luka-luka, saat di ruang operator, dan sudah dibawa ke Rumah Sakit Pertamina untuk dilakukan tindakan," katanya.

Baca juga:
Polri selidiki ledakan di kilang Pertamina Dumai Riau


Lima pekerja terluka akibat ledakan di kilang Pertamina Dumai

Agus membantah kabar yang beredar di media sosial bahwa ledakan dan kebakaran yang terjadi di kilang Pertamina Dumai menimbulkan korban jiwa.

Ia mengatakan bahwa tim sudah mengatasi masalah yang terjadi di area gas kompresor di kilang Pertamina Dumai.

"Saat ini operasional kilang pada unit terdampak dihentikan sementara untuk memastikan keamanan di lokasi, sementara untuk unit lain tetap beroperasi normal," kata Agus.

"Penyebab kejadian secara persis masih belum diketahui," katanya.

Dia mengatakan bahwa tim masih fokus bekerja untuk memastikan keamanan kilang dan melakukan pengecekan untuk mendata dampak ledakan terhadap masyarakat di sekitar kilang.

Sementara itu, Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara memastikan bahwa pasokan dan distribusi energi di wilayah operasionalnya berjalan dengan baik dan aman pasca kebakaran yang menimpa Kilang Pertamina Dumai, Riau, Sabtu (1/4).

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria menyampaikan pasokan dan distribusi BBM dan LPG bagi masyarakat di Wilayah Sumbagut tetap berjalan dengan aman pasca peristiwa itu.

Baca juga: Ledakan di kilang Pertamina di Dumai sudah ditangani

"Masyarakat jangan khawatir stok yang ada di Integrated Terminal (IT), Fuel Terminal (FT) dan fasilitas Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, dipastikan aman dan tetap beroperasi dengan normal," ujarnya.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut sendiri memiliki wilayah operasi distribusi meliputi lima provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

"Kilang RU II Dumai memasok BBM dan LPG ke sarfas-sarfas operasi Patra Niaga Regional Sumbagut, meliputi FT dan IT yang terletak di Provinsi Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Utara" tambah Satria.

Satria mengungkapkan, bahwa Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut terus melakukan koordinasi secara intensif dengan Kilang RU II Dumai.

Selain koordinasi dengan Kilang RU II Dumai, pihaknya intensif melakukan koordinasi dengan FT dan IT, hingga saat ini kondisi stok di FT dan IT tercukupi untuk memasok kebutuhan energi masyarakat.

"Proses distribusi kami pun tetap berjalan normal, kami mendapat informasi bahwa kondisi kilang saat ini sudah berjalan normal dan semua dapat teratasi dengan baik dan aman" imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hebat disertai ledakan melanda kilang minyak di Pertamina Unit Pemurnian (RU II) di Jalan Puteri Tujuh, Kota Dumai, pada Sabtu malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Baca juga: Kapal MT Christin pengangkut BBM Pertamina terbakar di laut Mataram NTB



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Lima korban ledakan di kilang Dumai sudah dipulangkan dari rumah sakit

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE