Bertemu Ahmad Dhani, Once katakan tidak akan bawakan lagu Dewa 19

id Once,Ahmad Dhani,hak cipta,royalti,once vs ahmad dhani,once mekel, dewa 19, royalti, hak cipta

Bertemu Ahmad Dhani, Once katakan tidak akan bawakan lagu Dewa 19

Once Mekel, Mochamad Iriawan, dan Ahmad Dhani saat ditemui di Kantor Kemenkumham di Jakarta, Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Suci Nurhaliza)

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Once Mekel bertemu dengan Ahmad Dhani di Kantor Kemenkumham, Selasa, dan mengatakan dirinya tidak akan lagi membawakan lagu Dewa 19 dan karya lain yang diciptakan suami Mulan Jameela itu.

"Saya enggak akan lagi bawain lagunya Dhani baik sendiri maupun bersama Dewa 19, untuk jangka waktu yang tidak ditentukan," kata Once.

Once mengatakan keputusan itu bukan dalam rangka menerapkan peraturan hukum, melainkan urusan pribadi antara dia dan Ahmad Dhani.

Baca juga: Ahmad Dhani ingin konser orkestra digelar rutin

"Saya kira bukan dalam rangka penerapan hukum positif yang ada, ini hanya urusan pribadi saja," ujar Once, yang menjadi vokalis Dewa 19 tahun 2000-an.

Soal membawakan lagu Dewa 19, Once dan Ahmad Dhani pun sempat berdebat. Menurut Once, hingga saat ini belum ada hukum yang mendasari bahwa pencipta lagu berhak melarang penyanyi lain menyanyikan lagu ciptaannya.

Sementara itu, Ahmad Dhani berpendapat sebaliknya.

"Bisa, berdasarkan Pasal 9 (Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta). Pak Menteri tadi sepakat, kok," kata Ahmad Dhani.

Baca juga: Gandeng musisi dunia, Dewa 19 All Stars hadirkan lima "single" baru

Di tengah perdebatan itu, Mochamad Iriawan yang menggagas pertemuan Komposer Bersatu dengan Menteri Hukum dan HAM, menengahi Ahmad Dhani dan Once Mekel. Kedua musisi itu pun kembali tersenyum dan berjabat tangan.

Mengenai pendistribusian royalti, Once mengaku sudah mematuhi aturan sebab selalu meneken kontrak dengan EO yang bertanggung jawab membayar royalti.

"Saya kalau bikin kontrak dengan EO, bahwa mereka yang bertanggung jawab membayar royalti terhadap penampilan saya. Mereka yang harus bayar, itu yang ada dalam kontrak saya," ujar Once.

Baca juga: Polemik pelarangan nyanyikan lagu Dewa 19, keinginan Once diskusi disambut positif


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bertemu Ahmad Dhani, Once sebut tak akan lagi bawakan lagu Dewa 19

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE