Dispar Batam imbau pengelola wisata sediakan alat keselamatan objek wisata saat Lebaran

id Libur dan cuti bersama 2023,Lebaran,Tempat wisata,Pemkot Batam,Batam,Kepri

Dispar Batam imbau pengelola wisata sediakan alat keselamatan objek wisata saat Lebaran

Ratusan warga berwisata di salah satu pantai yang sering dikunjungi di Batam pada saat hari libur. (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mengimbau seluruh pengelola objek wisata menyediakan alat keselamatan untuk mengantisipasi bencana di lokasi wisata selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

“Kepada pengelola objek wisata dan pelaku usaha pariwisata wajib menyediakan alat keselamatan untuk mengantisipasi bencana di lokasi wisata selama libur dan cuti bersama Lebaran,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata saat dihubungi di Batam, Kepri, Jumat.

Imbauan itu kata, dia, berdasarkan dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

Dia menjelaskan pada saat libur dan cuti bersama Tahun 2023 (19 sampai 25 April 2023) diperkirakan kunjungan wisatawan ke objek wisata meningkat.

“Maka dari itu kami meminta kepada pengelola maupun pemilik objek wisata untuk tetap menjaga kebersihan dan keamanan di tempat usaha saat libur nanti,” kata dia.

Selain itu orang tua juga diminta untuk mengawasi pergerakan anak ketika bermain di objek wisata, baik itu di pantai dan tempat wisata lainnya. "Pastikan anak-anak berada dalam jangkauan orang tua ketika berlibur," katanya.

Ardi juga menyebutkan  pada tahun ini seluruh tempat wisata yang ada di Kota Batam terbuka untuk warga yang berkunjung tanpa ada pembatasan seperti pada tahun-tahun sebelumnya karena pandemi COVID-19.

“Kalau untuk sekarang sudah tidak ada lagi pembatasan jumlah pengunjung, semuanya sudah bisa menikmati objek wisata di Kota Batam,” ucapnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE