Libur panjang, puluhan ribu wisman berlibur ke Batam

id Kunjungan wisman ke Batam,Pelabuhan internasional,Batam,Kepri,wisman berlibur ke Batam saat libur panjang,Puluhan ribu w

Libur panjang, puluhan ribu wisman berlibur ke Batam

Ribuan wisatawan mancanegara memadati Pelabuhan Internasional Batam Center pada sore hari ini, Senin (1/5). (ANTARA/Yude)

Batam (ANTARA) - Puluhan ribu wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura dan Malaysia berlibur ke Kota Batam, Kepulauan Riau, saat libur panjang sejak akhir April 2023.

Manajer Operasional Pelabuhan Internasional Batam Center Nika Astaga mengatakan, puluhan ribu wisman yang tercatat datang ke Batam itu diketahui setelah mereka pulang beramai-ramai ke negara asal pada hari ini, Senin (1/5) melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

“Tiga hari mereka (wisman Singapura dan Malaysia -red) libur, mereka melakukan kunjungan ke Batam. Berturut-turut mereka datang sejak hari Jumat (28/4), hari Sabtu (29/4) dan ada juga yang datang pada hari Minggu (30/4). Lalu pada hari ini mereka semua balik lagi ke negara asal dengan bersama-sama datang ke pelabuhan, makanya terjadi penumpukan,” katanya di Batam Kepulauan Riau, Senin.

Dia menjelaskan, dari data yang tercatat sampai sore hari ini, sudah ada 10 ribu lebih yang wisman yang berada di Pelabuhan Internasional Batam Center.

“Kalau sampai sekarang, yang datang ke pelabuhan itu sudah 10 ribu lebih. Tapi prediksinya mencapai 11 ribu, karena jadwal kapal terakhir itu pukul 21.00 WIB,” ujarnya.

Dengan ramainya wisman yang balik ke negara asalnya itu, dia mengatakan bahwa pihaknya menambah jumlah pelayaran sebanyak 14 pelayaran untuk hari ini.

“Normalnya ada 49 pelayaran dalam satu hari yang pergi ke Singapura dan Malaysia, hari ini ditambah 14 pelayaran,” katanya.

Pihaknya juga menambah jumlah petugas keamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena adanya penumpukan massa di dalam pelabuhan.

“Sekuriti dari pihak kami juga sudah ditambah karena ramainya wisman yang berangkat hari ini. Kami juga meminta tambahan personel dari pihak Kepolisian,” kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE