Gunung Anak Krakatau meletus lontaran abu setinggi 2.500 meter pada Jumat

id pvmbg,gunung anak krakatau,anak krakatau erupsi,anak krakatau meletus,gunung api

Gunung Anak Krakatau meletus lontaran abu setinggi 2.500 meter pada Jumat

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merekam aktivitas erupsi yang melontarkan kolom abu setinggi 2.500 meter di atas puncak Gunung Anak Krakatau yang berlokasi di perairan Selat Sunda, Lampung Selatan Provinsi Lampung, Jumat (12/5/2023). (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan terjadi erupsi di Gunung Anak Krakatau yang berlokasi di perairan Selat Sunda.
 
"Terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Jumat, 12 Mei 2023, pukul 09:20 WIB. Tinggi kolom letusan teramati lebih kurang 2.500 meter di atas puncak," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau Deny Mardiono dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Deny menjelaskan kolom abu erupsi terlihat berwarna kelabu dengan intensitas tebal mengarah ke barat daya. Erupsi itu terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 70 milimeter dan durasi 42 detik.
 
Sebelumnya, pada Kamis (11/5), PVMBG juga merekam dua erupsi yang terjadi di Gunung Anak Krakatau yang berlokasi di Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Lampung Selatan tersebut.
 
Erupsi pertama terekam mencapai ketinggian 3.000 meter di atas puncak, pada pukul 05.19 WIB. Erupsi itu terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 70 milimeter dan durasi lebih kurang 2 menit 12 detik.
 
Erupsi kedua cenderung lebih kecil dengan ketinggian 1.000 meter di atas puncak, pada pukul 12.41 WIB. Amplitudo maksimum 70 milimeter dan durasi 143 detik.
 
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Anak Krakatau meletus lontaran abu setinggi 2.500 meter

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE