Indonesia siap pasok baterai kendaraan listrik ke AS

id Airlangga,baterai kendaraan listrik,Airlangga Hartarto,baterai listrik

Indonesia siap pasok baterai kendaraan listrik ke AS

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo, di sela pertemuan tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Detroit, AS, Jumat (26/5/2023) waktu setempat. ANTARA/HO-Kemenko Perekonomian

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan Indonesia siap memasok baterai kendaraan listrik ke Amerika Serikat (AS).

“Indonesia siap untuk bekerja sama dalam pengembangan kendaraan listrik, khususnya sebagai pemasok baterai kendaraan listrik ke Amerika Serikat,” kata Menko Airlangga saat bertemu dengan Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo, di sela pertemuan tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Detroit, AS, sebagaimana keterangan diterima di Jakarta, Sabtu.

Dalam pertemuan dengan Mendag AS pada Jumat (26/5) waktu setempat itu, Airlangga mengatakan Indonesia sebagai negara dengan jumlah cadangan nikel yang besar dapat menjadi mitra strategis AS dalam mengembangkan kendaraan listrik.

Menurut Data US Geological Survey, cadangan nikel Indonesia menempati peringkat pertama yakni mencapai 21 juta ton atau setara dengan 22 persen cadangan global. Produksi nikel Indonesia juga menempati peringkat pertama yakni sebesar 1 juta ton.

Mendag Raimondo mengapresiasi dukungan Indonesia dalam Indo-Pacific Economic Framework serta menyampaikan bahwa kerja sama pengembangan baterai kendaraan listrik dapat memberikan dampak besar bagi kedua negara khususnya penyediaan lapangan kerja.

“IPEF dapat menjadi pintu masuk investasi pelaku usaha Amerika ke Indonesia, khususnya di sektor critical mineral, semikonduktor, dan teknologi tinggi,” kata Raimondo.

Terkait hal itu, Airlangga menyampaikan bahwa Indonesia telah melakukan berbagai reformasi struktural salah satunya melalui Omnibus Law guna meningkatkan investasi asing langsung dan memperbaiki iklim investasi.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menko Airlangga nyatakan RI siap pasok baterai kendaraan listrik ke AS

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE