Rusia siap berdamai dengan Ukraina

id Konflik Rusia Ukraina,Perang Ukraina,Andrey Kelin, Solusi Konflik Ukraina

Rusia siap berdamai dengan Ukraina

Prajurit berjalan melewati kendaraan yang terbakar seusai penembakan dalam konflik Rusia-Ukraina di Donetsk, Ukraina (17/9/2022). (ANTARA FOTO/ REUTERS/Alexander Ermochenko/aww.)

London (ANTARA) - Rusia siap mengadakan pembicaraan damai bersama Ukraina namun dengan syarat, demikian dikatakan Duta Besar Rusia untuk Inggris Andrey Kelin dalam wawancara BBC pada Ahad.

"Kami menginginkan perdamaian, namun tentu saja ada syarat tertentu. Bagi kami, ada dua hal penting. Bahwa tidak akan ada ancaman dari Ukraina terhadap Rusia, ini yang pertama. Yang kedua, warga Rusia yang tinggal di Ukraina mesti diperlakukan seperti bangsa lain di dunia," kata Kelin.

Kelin mencontohkan, seperti perlakuan warga keturunan Prancis di Belgia atau perlakuan terhadap warga keturunan Italia dan Jerman di Swiss. Semuanya diperlakukan sama di negara masing-masing.

Sebaliknya, Kelin mengatakan perkembangan di Ukraina dalam beberapa tahun terakhir yang dinilainya  sebagai "nasionalisme ekstrem" adalah pelanggaran berat terhadap Deklarasi HAM.

Menurut Kelin, tujuan militer Rusia saat ini adalah membebaskan Donbass dari pendudukan. Dia menepis anggapan Ukraina akan berhasil.

"Kita bisa berdamai esok, jika pihak Ukraina siap bernegosiasi, tapi saya khawatir saat ini tidak ada prasyarat untuk itu, karena Presiden Ukraina mengharamkan negosiasi apa pun," kata dia.



Sumber: TASS

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rusia melunak, siap damai dengan Ukraina dengan syarat

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE