Sedikitnya 98 orang tewas di India akibat panas ekstrim

id india,uttar pradesh,bihar,panas ekstrim,gelombang panas,suhu tinggi

Sedikitnya 98 orang tewas di India akibat panas ekstrim

Arsip - Seorang anak duduk di bawah pancuran air di tengah hari yang panas di New Delhi, India, Kamis (31/5). Suhu di New Delhi Kamis kemarin mencapai 45 derajat Celsius, menurut informasi di situs web departemen metrologi India. (REUTERS/Adnan Abidi)

New Delhi (ANTARA) - Sedikitnya 98 orang meninggal di negara bagian Uttar Pradesh dan Bihar, India dalam tiga hari terakhir akibat panas ekstrim,  demikian disebutkan pihak berwenang.

Saat sebagian wilayah India menyaksikan gelombang panas parah dalam beberapa hari dengan suhu melewati 40 derajat Celsius di banyak tempat, 54 orang meninggal di utara Uttar Pradesh dan 44 di Bihar timur.

Seluruh 54 orang yang meninggal di Uttar Pradesh dilaporkan berasal dari satu distrik Ballia. Setidaknya 400 orang dibawa ke rumah sakit distrik untuk mendapatkan perawatan.

Pengawas Medis SK Yadav, mengkonfirmasi korban meninggal, serta mengatakan satu tim dari ibukota negara bagian Uttar Pradesh, Lucknow akan tiba untuk menyelidiki permasalahan tersebut

Distrik Ballia mencatat suhu maksimum mencapai 43 derajat Celsius pada Sabtu. Sementara itu 44 orang lainnya meninggal di negara bagian timur, Bihar akibat kondisi cuaca panas.

Dari 44 yang meninggal, 35 meninggal di kota Patna, menurut keterangan media India Today. Sembilan orang meninggal dari distrik lain di negara bagian yang sama.

Patna, ibukota Bihar, mencatat suhu maksimum mencapai 44,7 derajat Celsius pada Jumat. Suhu di 11 distrik lainnya melewati 44 derajat Celsius.



Sumber: Anadolu


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Panas ekstrim di India, 98 orang meninggal

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE