Pasien obesitas berbobot 300 kg meninggal akibat infeksi multiple

id Obesitas 300 kilogram,RSCM,Pasien obesitas

Pasien obesitas berbobot 300 kg meninggal akibat  infeksi multiple

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Layanan Operasional Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUP) Cipto Mangunkusumo Jakarta Renan Sukmawan dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/6/2023). (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

Jakarta (ANTARA) - Pasien obesitas berbobot 300 kilogram Moch Fajri Rifana meninggal dunia pada Kamis pukul 01.25 WIB akibar infeksi multiple.

Pihak RSCM telah melakukan perawatan intensif secara optimal kepada pasien obesitas Fajri selama kurang lebih 14 hari oleh tim dokter multidisiplin sebelum pasien tersebut meninggal dunia.

“Kami sampaikan bahwa bagaimana kami berjuang misalnya untuk memindahkan pasien dan melakukan manuver-manuver seperti pemeriksaan CT scan, rontgen yang memerlukan effort lebih besar. Semua kami lakukan untuk memberikan yang terbaik, obat-obat yang terbaik,” kata Plt Direktur Layanan Operasional RSUP Cipto Mangunkusumo Jakarta Renan Sukmawan di Jakarta, Kamis.

Terapi multidisiplin yang diterapkan terhadap Fajri berasal dari dokter ahli perawatan intensif (intensivis), paru, jantung, pencernaan, syaraf, kulit, bedah pembuluh darah, gizi, rehabilitasi medik, dan tenaga kesehatan lainnya.

Perawatan yang sudah dilakukan yaitu terapi antibiotik untuk infeksinya, terapi alat bantu pernapasan, jantung, ginjal, dan semua organ yang terganggu akibat gagal organ multiple akibat syok sepsis.

Sementara itu, kendala yang dihadapi selama perawatan pasien lebih ke arah ukuran dan berat badan seperti mengupayakan mencari tempat tidur yang muat, memposisikan pasien, dan sulitnya melakukan prosedur diagnostik tertentu karena tidak muat masuk MRI dan CT scan.

Pemerintah Kota Tangerang di Provinsi Banten siap membantu pengurusan jenazah Moch Fajri Rifana (26), penderita obesitas yang meninggal di RSUP Nasional dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta pada Kamis dini hari.

"Kami siap siaga (membantu) mulai dari penjemputan, proses pengangkutan jenazah, hingga proses pemakaman," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni dalam keterangan persnya di Tangerang, Kamis.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang, ia mengatakan, berkoordinasi dengan pengelola RSCM untuk membantu pengurusan jenazah Fajri.

"Dalam hal ini, Dinkes siap bantu apa yang dibutuhkan sesuai arahan RSCM atau pun keluarga," kata Dini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono mengatakan bahwa BPBD juga siap membantu penanganan jenazah Fajri.

"Kami sudah siap, baik personel maupun alat, jika dibutuhkan. Tinggal menunggu arahan dari RSCM dan keluarga pastinya," kata Maryono.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: RSCM telah terapkan perawatan multidisiplin pada pasien 300 kilogram

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE