Pemkot Batam tingkatkan kualitas produk UMKM

id Kepri,batam,UMKM,kemasan,Kepulauan Riau, UMKM Batam

Pemkot Batam tingkatkan kualitas produk UMKM

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam menggelar pelatihan kemasan dalam rangka meningkatkan pemasaran produk UMKM Kota Batam. (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau meningkatkan kualitas produk UMKM melalui kegiatan pelatihan terkait kemasan produk usaha.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Hendri Arulan di Batam, Jumat, mengatakan kegiatan tersebut untuk memberikan wawasan kepada pelaku usaha mikro.

“Tujuannya agar pengusaha dapat mengetahui bagaimana pengemasan produk yang baik dan menarik, juga memiliki nilai jual,” kata dia.

Baca juga: Tim SAR evakuasi korban kapal tenggelam di Lingga

Materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut, yaitu fungsi dan kegunaan pengemasan produk, serta pelabelan kotak makanan untuk memperkuat produk yang dihasilkan pengusaha mikro.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengajak para pelaku usaha mikro untuk memperkenalkan budaya Batam, salah satunya melalui budaya pantun yang dapat disematkan pada kemasan produk.

“Mudah-mudahan pengetahuan yang didapatkan bisa bermanfaat untuk pengusaha maupun untuk kesejahteraan masyarakat Batam sendiri,” ujar dia.

Baca juga: BI Kepri pastikan konsumen tak dikenakan biaya MDR QRIS

Ia menyebut kegiatan yang diikuti 100 pelaku UMKM tersebut juga sejalan dengan tujuan pembangunan Pemkot Batam.

“Kegiatan ini sesuai pesan Pak Wali Kota Batam di tiap sambutannya, untuk mengambil manfaat dari masifnya pembangunan yang tengah dikerjakan oleh Pemerintah Kota Batam di bawah arahan Pak Wali,” ujar dia.

Ia mengatakan infrastruktur yang tengah dibangun pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batam.

"Hal ini sebagai bentuk pembukaan akses untuk menarik investor, hingga wisatawan baik lokal maupun mancanegara, untuk berkunjung dan memberikan manfaat bagi Kota Batam, salah satunya melalui pajak," kata dia.

Baca juga: Kadis Kominfo Kepri paparkan pentingnya penyiaran di daerah perbatasan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE