BP Batam kebut perbaikan pipa intake IPA Duriangkang

id bp batam, spam batam,air batam, batam

BP Batam kebut perbaikan pipa intake IPA Duriangkang

Direktur BU SPAM BP Batam Denny Tondano. (ANTARA/ HO-BP Batam)

Batam (ANTARA) - Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) BP Batam mengebut pengerjaan perbaikan pipa intake pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang guna memastikan aliran air kembali normal kembali di beberapa wilayah. 

Suplai air bersih mengalami hambatan akibat pekerjaan perbaikan dua Pompa Intake pada IPA Duriangkang. Wilayah yang terdampak antara lain, Batam Center, Batu Aji, Marina, Tanjung Uncang, Bengkong, Nagoya, Jodoh, Punggur, Kabil, Batu Besar, Sengkuang, Batu Merah, Baloi dan sekitarnya.

Direktur BU SPAM BP Batam, Denny Tondano mengatakan, kerusakan dua Pompa Intake di IPA Duriangkang itu menyebabkan suplai air ke pelanggan hilang sebesar 360 lpd dan berdampak pada 36 ribu sambungan rumah di beberapa daerah.

"Rewinding sudah kita lakukan pada hari Sabtu kemarin. Tapi perbaikan as motornya (komponen mesin, red) itu diperkirakan selesai hari Kamis. karena barangnya tidak ada disini, sehingga kita terpaksa cari ke Singapura," kata dia, Senin (31/7/2023) sore.

Ia menjelaskan, komponen mesin yang dibeli dari Singapura itu juga tidak bisa langsung diinstal, karena mesti dibubut lebih dulu. Dan proses pekerjaan ini akan memakan waktu hingga Kamis (3/8/2023) mendatang.

"Meski demikian, kita akan usahakan secepatnya. Saat ini pekerjaan dilakukan selama 24 jam tanpa henti agar selesainya tidak sampai hari Kamis," kata dia.

Setelah komponen itu terpasang, maka akan dibutuhkan beberapa waktu lagi agar aliran air kembali normal pada beberapa daerah terdampak. Terutama pada area dengan kontur tanah (elevasi) yang tinggi.
 
"Selain itu, daerah yang jauh dari waduk atau pelayanan juga akan mengalami normalisasi secara bertahap," ujarnya.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, BU SPAM BP Batam dan PT Moya Indonesia menyiapkan mobil tangki air bersih untuk pelanggan yang mengalami gangguan suplai air bersih selama 1x24 jam. 

Bahkan saat ini, BU SPAM BP Batam telah meminta bantuan mobil tangki dari Pemadam Kebakaran BP Batam dan Pemko Batam.
 
Penyediaan tangki air tersebut dapat dikoordinasikan oleh Ketua RT/RW/Kelurahan setempat. Untuk di wilayah Putra Jaya; Indomas 1 dan 2; Sumberindo; Central Park; Rusun Batamec dan Fanindo dapat menghubungi Aji Santoso (0813-7266-3986).

Sementara untuk di luar lokasi di atas dapat menghubungi Ginda (0811-7717-272); Steve (0821-1276-0088) dan Mujiaman (0811-370-857).

"Memang itu tidak menyelesaikan dan tidak semua teratasi. Tetapi paling tidak, itu langkah yang pertama kita lakukan untuk jangka pendek," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan terus melakukan pengecekan ke IPA Duriangkang untuk meminimalisir adanya kejadian serupa di kemudian hari.

"BP Batam memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan masyarakat Kota Batam selama beberapa hari terakhir. Kami akan terus mengupayakan peningkatan pelayanan suplai air bersih bersama mitra kami demi kebutuhan dan kenyamanan publik,” kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE