Tips aman bertransaksi digital hindari penipuan

id Kredivo,Transaksi digital aman,Keamanan digital,penipuan

Tips aman bertransaksi digital hindari penipuan

Ilustrasi platform pembayaran digital Kredivo (ANTARA/HO-Kredivo)

Jakarta (ANTARA) - Platform pembayaran digital Kredivo memberikan panduan dan strategi untuk bertransaksi digital dengan aman guna menghindari praktik penipuan.

"Kebiasaan belanja online masyarakat yang diikuti dengan semakin meningkatnya transaksi digital, perlu diimbangi dengan pemahaman masyarakat tentang cara bertransaksi digital yang aman. Terlebih jika mengingat saat ini modus penipuan transaksi digital pun semakin beragam," ujar SVP Marketing & Communications Kredivo Indina Andamari dalam siaran pers, Senin.

Data yang dirilis oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan bahwa jumlah korban penipuan online mencapai 130.000 orang pada tahun 2022, meningkat dari 115.756 kasus pada tahun sebelumnya.

Kredivo juga memberikan tips penting kepada masyarakat. Pengguna diingatkan untuk tidak memberikan informasi pribadi seperti user ID, password, dan kode OTP kepada pihak lain.

Selain itu, nomor Induk Kependudukan (NIK), foto KTP, dan foto selfie dengan KTP tidak boleh dibagikan secara sembarangan. Aktifkan pula Two-Factor Authentication (2FA) sebagai kunci ganda keamanan akun.

Pengguna juga diminta untuk tidak membuka tautan atau menerima telepon dari orang asing, serta selalu memeriksa alamat website dengan "https://" sebelum bertransaksi.

"Kami berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya bijaksana dalam bertransaksi secara digital dan senantiasa menjaga keamanan akun pribadi mereka," kata Indina.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tips aman bertransaksi digital agar terhindar modus penipuan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE