Dinkes Kepri imbau warga waspadai ISPA dengan gunakan masker

id Kepri,batam,Dinkes,ISPA,masker

Dinkes Kepri imbau warga waspadai ISPA dengan gunakan masker

Kabut asap terjadi saat kebakaran hutan dan lahan di Semala, ruas jalan Batubi - Kelarik, Minggu (15/1) (ANTARA/Cherman)

Batam (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dengan tetap memakai masker saat bepergian.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau Mohammad Bisri di Batam, Rabu mengatakan hingga saat ini kepedulian masyarakat untuk melakukan pengecekan terhadap penyakit pernapasan tersebut masih rendah.

"Semua penyakit yang berkaitan dengan saluran napas itu masuk dalam ISPA dan itu selalu yang nomor satu tertinggi dengan penanganan yang berbagai macam," kata Bisri.

Ia mengatakan masyarakat juga diharapkan dapat menerapkan hidup bersih dan sehat sebagai langkah pencegahan ISPA.

"Hidup bersih dan sehat adalah salah satu cara cegah ISPA, daya tahan tubuh juga harus bagus dan baik. Dan itu terus kita lakukan mendidik masyarakat kita agar melakukan hal serupa," ujar dia.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terjangkit ISPA, di antaranya terlalu lama di dalam ruangan bersuhu dingin, terpapar debu hingga menghirup asap dari pembakaran sampah.

"Jadi memang semudah itu kena ISPA dan itu penyakit masyarakat di seluruh dunia dan tidak ada hubungannya dengan wilayah tempat tinggal," kata Bisri.

Dinas Kesehatan Kota Batam mengimbau warga untuk menghentikan kebiasaan merokok sebagai upaya mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Rabu, mengatakan sepanjang Januari hingga Juni 2023 tercatat 16.706 warga setempat terjangkit ISPA.

Cara mencegah penyakit ISPA, katanya, di antaranya dengan sering mencuci tangan hingga bersih, terutama setelah beraktivitas di tempat umum, meminimalisasi sentuhan tangan di wajah, terutama bagian mulut dan hidung.

Selain itu, ujarnya, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, mengonsumsi vitamin untuk menambah kekebalan tubuh, dan melakukan olahraga secara teratur minimal 150 menit per minggu untuk olahraga ringan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE