Pemkot Batam sosialisasi pencegahan HIV/AIDS dari tingkat SMA

id Kepri,batam,HIV/AIDS,cegah HIV

Pemkot Batam sosialisasi pencegahan HIV/AIDS dari tingkat SMA

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Batam, Kepulauan Riau melakukan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS dari tingkat sekolah menengah atas (SMA).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Senin, mengatakan rentan usia mereka yang mengidap HIV/AIDS, yaitu 20-50 tahun.

Ia menjelaskan pemerintah lebih fokus kepada upaya pencegahan dan pengobatan pada pasien yang terpapar HIV/AIDS.

"Rentan kelompok umur terpapar virus ini sekitar 20-50 tahun. Jadi kami edukasi sedini mungkin, bahkan dari jenjang SMA kami sudah konsentrasi sekarang untuk sosialisasi. Karena tren lelaki suka lelaki (LSL) ini ditemukan banyak kasus," ujar dia.

Dia mengharapkan melalui edukasi dan sosialisasi dapat meningkatkan pemahaman pelajar dan masyarakat terhadap penyakit dan penularan HIV/AIDS sehingga mereka bisa menjaga diri agar tidak terpapar virus tersebut.

"Mencegah itu lebih baik dimulai sedini mungkin. Salah satunya sosialisasi kepada siswa di jenjang SMA sederajat ini," ujar Didi.

Dinkes juga secara rutin mengambil sampel di beberapa tempat yang berisiko tinggi, seperti tempat hiburan yang ada di Batam, melalui koordinasi dengan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang HIV/AIDS.

"Kami menyasar kelompok berisiko tinggi. Hal ini juga merupakan langkah pendataan, dan dilakukan pencegahan penyebaran. Selain itu kami menyarankan mereka yang terpapar untuk mendapatkan pengobatan. Kalau sudah terpapar HIV kami berupaya mengobati dan mengendalikan virus ini, agar tidak menjadi AIDS," kata dia.

Selain itu, Dinkes bertugas memberikan pengobatan kepada mereka yang terpapar virus HIV/AIDS.

"Obat itu untuk memperlambat perkembangan virus, jangan sampai HIV itu menjadi AIDS," demikian Didi.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE