Pemkot Batam ajak remaja dukung Germas tanpa merokok

id Kepri,batam,germas ,remaja,tanpa rokok

Pemkot Batam ajak remaja dukung Germas tanpa merokok

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid menghadiri Seminar Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk Remaja yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kota Batam. ANTARA/HO-Pemkot Batam

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau mengajak remaja untuk mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan hidup sehat tanpa merokok.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Kamis mengatakan seminar bertema “Wujudkan Generasi Muda Sehat Tanpa Rokok dan Minuman Beralkohol” tersebut digelar karena dari hasil studi menunjukkan bahwa perokok berat biasa memulai kebiasaan merokok sejak masih berusia belasan tahun.

“Mari ananda semua jaga kesehatan. Kesehatan itu sangat penting, salah satunya dengan berhenti merokok. Kalian masih muda, berhenti bagi yang sudah merokok dan yang belum jangan coba-coba karena tidak ada untungnya, saya merasakan sendiri. Kalau kita tidak sehat, tidak ada gunanya kita hidup ini,” kata Jefridin.

Ia menyampaikan hidup sehat tanpa rokok juga merupakan salah satu dari tujuh pilar Germas, sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

Kata Jefridin, melalui Germas juga sebagai salah satu upaya Pemerintah Kota Batam dengan menggandeng masyarakat untuk mendukung Batam kota sehat.

“Saat ini Kampung Germas sudah dicanangkan di 37 kelurahan. Kita berharap semua sekolah juga melakukan ini. Berikan sosialisasi, karena banyak manfaat untuk kita semua. Dari 7 pilar Germas selain tidak merokok, juga mari hidup sehat dengan berolahraga,” ujar dia.

Adapun tujuh pilar dalam Germas, yaitu melakukan aktifitas fisik, membudayakan makan buah dan sayur tiap hari, tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban sehat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE