Kualitas udara Jakarta membaik saat WFH

id polusi udara,polusi jakarta,work from home ,wfh,pembangkit listrik tenaga uap,pltu,ktt

Kualitas udara Jakarta membaik saat WFH

Monas dengan latar Jakarta yang berpolusi (16/8/2023). Menurut data dari IQAir pada Rabu, kualitas udara di Jakarta berstatus Tidak Sehat dengan skor 163. ANTARA/Mecca Yumna NP

Jakarta (ANTARA) - Pengamat ekonomi energi Fahmy Radhi mengungkapkan kebijakan bekerja dari rumah (Work From Home/ WFH) di hari pertama saat penyelenggaraan KTT ASEAN langsung berpengaruh signifikan terhadap membaiknya kualitas udara di Jakarta.

“Pengurangan kendaraan bermotor akibat WFH saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN membuat udara Jakarta langsung lebih bersih,” katanya di Jakarta, Senin.

Terpantau pada 4 September siang indeks kualitas udara menjadi kategori sedang dengan level 99 dari sebelumnya menyentuh level 157 masuk kategori tidak sehat.

Banyak yang menyebutkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sebagai sumber polusi di Jakarta, lanjutnya, namun hal itu tidak terbukti.

"Seperti yang kita ketahui PLTU Suralaya sudah dipadamkan sebesar 1.600 MW sejak tanggal 29 Agustus 2023, tetapi tidak ada pengaruhnya terhadap kualitas udara di Jakarta seminggu terakhir," ujar pengamat dari Universitas Gadjah Mada (UGM) itu
melalui keterangan tertulis.

Hal tersebut, menurut Fahmi, sudah sesuai dengan penyataan pemerintah terkait dengan penyumbang polutan tertinggi di Jakarta, yaitu sektor transportasi.

Sesuai dengan catatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sektor tersebut menyumbang lebih dari 42 persen polutan di Jakarta, selanjutnya disusul sektor industri dan manufaktur.

“Untuk sektor manufaktur, masih banyak pabrik-pabrik milik swasta yang berada di Jakarta dan sekitarnya yang menghasilkan asap saat beroperasi. Dan rata-rata mereka tidak mempunyai alat khusus untuk menyerap debu emisi yang dihasilkan,” katanya.

Sementara itu, Dokter umum dr. Madhita Kasoem, M.Sc, Aud-vestMed memaparkan beberapa hal terkait pengaruh polusi udara terhadap mata dan telinga karena tingginya indeks polusi udara di Indonesia, khususnya di kota-kota besar seperti daerah Jakarta.

“Polusi itu berdebu akan membuat iritasi ke mata,” kata dr. Madhita saat ditemui dalam acara bincang-bincang di kawasan Jakarta, Senin.

Menurut dokter yang terhimpun dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini, aktivitas di luar saat polusi udara sedang berada di indeks tertinggi memang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan pelindung atau alat proteksi mata untuk menghindari dampak yang dapat ditimbulkan terhadap kesehatan mata.
 
“Lebih pakai proteksi, kacamata, itu akan mengurangi,” kata Madhita yang juga praktik di Siloam Hospitals Lippo Village dan Kasoem Hearing Center & Speech Center Ctec itu.

Selain itu, polusi udara juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan telinga. Secara umum, telinga dibagi menjadi tiga bagian, yakni telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam serta memiliki kaitan terhadap beberapa masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh polusi udara maupun faktor lainnya.

“Kalau untuk polusi, biasanya ada hubungan sama alergi, kemudian kalau batuk atau pilek hubungannya ke telinga tengah,” kata dokter lulusan dari Universitas Trisakti tersebut.

Adapun polusi udara dapat menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan, salah satunya adalah pilek alergi atau rhinitis alergi pada sebagian orang. Pilek alergi atau rhinitis alergi sendiri berbeda dengan pilek karena infeksi.

Rhinitis alergi adalah peradangan pada bagian dalam hidung yang disebabkan oleh alergen, yaitu zat pemicu alergi, seperti debu dan partikel polusi. Lain halnya dengan pilek infeksi, yakni pilek yang disebabkan oleh virus dan bakteri.

Saat terpapar alergen yang berasal dari polusi udara, sistem kekebalan tubuh bereaksi karena menganggap alergen tersebut sebagai benda berbahaya. Hal tersebut menyebabkan tubuh memproduksi sejumlah zat kimia yang membuat selaput lendir hidung membengkak dan produksi lendir di hidung meningkat.

Meski berbeda, rhinitis alergi memiliki beberapa gejala yang mirip dengan pilek infeksi, yaitu bersin, hidung berair, gatal, dan tersumbat. Gejala-gejala tersebut biasanya muncul tidak lama setelah terpapar alergen.

Jika semakin parah, kondisi tersebut dapat memicu peradangan pada telinga tengah. Seperti diketahui, telinga dan hidung terhubung dengan saluran yang dinamakan saluran eustachius.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kualitas udara Jakarta dinilai membaik saat WFH bersamaan KTT ASEAN

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE