Pemkot Batam imbau warga pakai masker saat aktivitas di luar

id udara kota batam,kualitas udara,polusi udara

Pemkot Batam imbau warga pakai masker saat aktivitas di luar

Wali Kota Batam Muhammad Rudi. (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batam di Provinsi Kepulauan Riau mengimbau warga untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan dan memakai masker saat melakukan kegiatan di luar ruang pada masa kualitas udara tidak sehat.

"Pemerintah mengimbau sekaligus menegaskan kepada seluruh masyarakat untuk mengantisipasi dengan mengurangi aktivitas di luar ruangan. Jika harus berada di luar ruangan agar menggunakan masker," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Ahad.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam Herman Rozie menyampaikan bahwa masyarakat diimbau menjalankan protokol 6M + 1S untuk mencegah masalah kesehatan akibat polusi udara.

Protokol 6M + 1S meliputi memeriksa kualitas udara, mengurangi aktivitas di luar ruangan dan menutup ventilasi ruangan, menggunakan penjernih udara di dalam ruangan, menghindari sumber polusi udara, menggunakan masker, melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, serta segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan jika mengalami gangguan pernafasan.

Herman menyampaikan bahwa berdasarkan data indeks standar pencemar udara (ISPU) pada 8 Oktober 2023 kualitas udara di Kota Batam dalam kategori tidak sehat.

"Jika asap semakin pekat dan informasi kualitas udara berdasarkan ISPU menunjukkan level berbahaya bagi masyarakat, pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan," katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE