BPJS Kesehatan: Sebanyak 97 persen warga Batam sudah terdaftar JKN-KIS

id Kepri ,batam ,bpjs kesehatan ,JKN KIS

BPJS Kesehatan: Sebanyak 97 persen warga Batam sudah terdaftar JKN-KIS

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam Manna (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - BPJS Kesehatan mencatat sebanyak 1.204.678 orang warga Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), telah terdaftar pada Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia sehat (JKN-KIS) atau 97,92 persen dari total jumlah penduduk sebanyak 1.230.216 orang.

"Ada kenaikan terus setiap bulan, jadi saat ini sudah 97 persen. Tentunya dari semua segmen meningkat. Bidang badan usaha juga sekarang sudah meningkat, jadi tambahannya dari segala segmen," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Batam Manna di Batam, Senin

Ia menyebut distribusi peserta BPJS Kesehatan di kota itu berdasarkan segmentasi, didominasi Pekerja Penerima Upah (PPU) dengan jumlah mencapai 620.601 orang. Sedangkan untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau pekerja informal sebanyak 261.242 orang dan Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui pendanaan APBN, sebanyak 249.719 orang.

Selanjutnya Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui pendanaan APBD/Jamkesda sebanyak 67.966 orang, serta Bukan Pekerja (BP) meliputi Investor, pemberi kerja, veteran, perintis kemerdekaan, dan pensiunan sebanyak 5.148 orang.

Untuk terus meningkatkan kepesertaan JKN-KIS di Batam, pihaknya kerap melakukan kerja sama dengan lembaga/instansi pemerintah daerah (pemda) serta berkolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Tentunya dari berbagai segmen ini kita upayakan. Kalau dari sisi badan usaha kita juga ada namanya kepatuhan dan itu kita kerja sama dengan dari kejaksaan. Dari Dinas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) untuk perizinan, kemudian Dinas Ketenagakerjaan itu kita kumpul data-data yang badan usaha, juga dari kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan," ujar Manna.

Baca juga: BPJS Kesehatan sebut sejumlah warga Kepri sudah terdaftar JKN-KIS
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE