Wakil Ketua MPR RI sebut Pemilu 2024 jadi tonggak mantapkan proses demokrasi

id MPR RI, ketua MPR RI, wakil ketua MPR RI, lestari moerdijat,pemilu 2024, proses dermokrasi

Wakil Ketua MPR RI sebut Pemilu 2024 jadi tonggak mantapkan proses demokrasi

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. (ANTARA/HO-MPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan bahwa Pemilu 2024 menjadi satu tonggak untuk memantapkan proses demokrasi di Indonesia.

"Mestinya pesta demokrasi 2024 menjadi satu tonggak untuk betul-betul bisa memantapkan proses demokrasi di Indonesia," ujar Lestari atau Rerie dalam Forum Diskusi Denpasar 2012 yang dipantau secara daring melalui kanal YouTube Rerie Lestari Moerdijat, Jakarta, Rabu.

Ia berharap pesta demokrasi setiap lima tahun itu dapat memberikan pendidikan agar prinsip kesetaraan hingga keadilan melekat pada masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, masyarakat dapat diberi ruang untuk memahami bahwa lawan politik bukanlah musuh politik.

"Saya kira ini pelajaran terpenting yang harus sama-sama kita perjuangkan," tegasnya.

Rerie menuturkan beberapa kontestasi terakhir harus diberikan edukasi karena menghasilkan pemahaman yang salah. Ia menyebutkan banyak anggapan di mana sebuah perbedaan menandakan adanya permusuhan.

Padahal, perbedaan itu menghasilkan oposisi bukan musuh. Hal ini perlu menjadi perhatian dalam menyiapkan Pemilu 2024, kata dia.

Baca juga:
Puan: AHY dan Ridwan Kamil tak mungkin dampingi Ganjar
Rais Aam ingatkan PBNU jaga jarak dengan parpol


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wakil Ketua MPR: Pemilu 2024 jadi tonggak mantapkan proses demokrasi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE