Presiden Jokowi menunjuk Letjen Agus Subiyanto sebagai KASAD

id KASAD, Dudung Abdurachman,Agus Subiyanto, Presiden Joko Widodo,resuffle kabinet

Presiden Jokowi menunjuk Letjen Agus Subiyanto sebagai KASAD

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman saat menyampaikan keterangan kepada wartawan jelang agenda pelantikan pejabat di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (25/10/2023). (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen Agus Subiyanto mengisi jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menggantikan posisi Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Hal itu dikonfirmasi oleh Dudung Abdurachman di Istana Merdeka Jakarta jelang agenda pelantikan jabatan, Rabu.

"Ya, jadi hari ini pelantikan Letjen TNI Agus Subiyanto WAKASAD, jadi KASAD," kata Dudung.

Pada kesempatan itu, Dudung menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan rakyat Indonesia atas kepercayaan yang telah diberi.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah menunjuk saya sebagai KASAD yang sudah saya melaksanakan tugas hampir 2 tahun dan tentunya terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia sehingga TNI masih di hati rakyat," katanya.

Menjelang akhir masa tugasnya sebagai KASAD, Dudung menyoroti dinamika tahun politik menjelang kontestasi Pemilu 2024 yang memerlukan netralitas dari segenap unsur TNI AD.

Dudung berpesan kepada para komandan satuan hingga Pangdam agar menjaga netralitas institusi tanpa memihak kepada kelompok, golongan, maupun calon tertentu.

"Kalau netral, maka TNI AD dan TNI pada umumnya sebagai garda terdepan dan benteng terakhir yang menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," katanya.

Kepada masyarakat, Dudung berpesan agar perbedaan pandangan politik disikapi dengan semangat menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Jelang purna bakti Dudung pada 19 November 2023, Ia belum memastikan delegasi tugas terbaru dari Presiden Jokowi kepada dirinya.

"Belum ada sampai sekarang. belum tahu saya," kata Dudung menjawab pertanyaan wartawan terkait isu yang menyebutkan peluang dirinya menjabat sebagai Kepala Badan Inteligen Nasional (BIN).

Namun Dudung mengaku siap untuk mengemban tugas apapun yang dimandatkan oleh Presiden.

"Saya tegak lurus kepada Bapak Presiden," katanya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri karena terjerat kasus korupsi.

Dalam acara pelantikan yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, Presiden Jokowi juga melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI dan Duta Besar RI untuk Argentina. “Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Amran ketika mengucapkan sumpah jabatan.

Dipandu oleh Presiden Jokowi, Amran juga bersumpah bahwa dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Amran kembali ke kabinet Jokowi setelah sebelumnya juga menjabat sebagai mentan pada periode 2014-2019.

Pria yang lahir di Bone, Sulawesi Selatan, 27 April 1968 itu pernah bekerja di PTPN XIV. Dia bahkan sempat menjabat sebagai kepala bagian logistik di BUMN tersebut.

Setelah kariernya di PTPN, Amran membuat beragam inovasi di bidang pertanian sesuai dengan jurusan kuliahnya di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Amrah termasuk penemu sekaligus penerima hak paten alat empos tikus “Alpostran”.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden tunjuk Letjen Agus Subiyanto sebagai KASAD

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE