Asian Para Games 2022 Hangzhou ditutup, Indonesia di posisi keenam perolehan medali

id asian para games 2022,asian para games 2022 hangzhou,hangzou, olahraga, disabilitas

Asian Para Games 2022 Hangzhou ditutup, Indonesia di posisi keenam perolehan medali

Suasana upacara penutupan Asian Para Games 2022 Hangzhou yang digelar di Hangzhou Olympic Sports Centre, China, Sabtu (28/10/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Hangzhou, China (ANTARA) - Kontingen Indonesia berhasil finis di posisi keenam pada klasemen perolehan medali Asian Para Games 2022, dengan total sebanyak 95 medali terkumpul. Rinciannya adalah 29 medali emas, 30 medali perak, dan 36 medali perunggu.

Pencapaian ini jauh melampaui target semula yaitu finis di 10 besar dengan 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

Prestasi ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara dengan peringkat pertama di kawasan Asia Tenggara pada Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Tidak hanya itu, tercatat setidaknya 13 rekor baru yang dibukukan para atlet Indonesia pada ajang ini, dengan rincian delapan rekor Asian Para Games, tiga rekor Asia, dan dua rekor dunia.

Sementara itu, penyelenggaraan Asian Para Games 2022 Hangzhou resmi ditutup melalui upacara di Hangzhou Olympic Sports Centre, China, Sabtu.

"Siapa yang mengira bahwa langit malam ini begitu cerah, begitu indahnya, di hari penutupan Asian Para Games 2022. Hangzhou telah menjadi tempat yang indah untuk penyelenggaraan ini," kata Presiden Komite Paralimpiade (APC) Asia Majid Rashed.

Ia juga mengapresiasi negara-negara yang berpartisipasi pada Asian Para Games edisi keempat ini. Terlebih, terdapat 283 rekor Asian Para Games yang terpecahkan, serta 72 rekor Asia, dan 21 rekor dunia yang dibukukan oleh para atlet yang berlaga di panggung olahraga untuk atlet disabilitas terbesar se-Asia ini.

"Kita semua sudah melihat perjuangan 468 atlet yang berlaga di Asian Para Games ini. Kami yakin bahwa semua penonton dan pendukung di sini terinspirasi dengan penampilan mereka," kata Rashed.









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Asian Para Games 2022 Hangzhou resmi ditutup

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE