Pemkab Natuna meminta pengusaha cantumkan logo geopark di produknya

id geopark nasional

Pemkab Natuna meminta pengusaha cantumkan logo geopark di produknya

Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Natuna Basri saat mengunjungi stand produk asli Natuna pada kegiatan pelatihan pemasaran produk melalui digital marketplace di Kecamatan Bunguran Timur. ANTARA/Muhamad Nurman

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) meminta pelaku usaha atau pengusaha industri kecil menengah (IKM) di daerah ini, untuk mencantumkan logo Geopark Natuna di setiap produk yang dijual.

Permintaan itu disampaikan oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Natuna Basri. Tujuannya, kata dia, Jumat, agar geopark yang ada di Natuna dikenal lebih luas.

Ia menyebut jika Geopark Natuna banyak mendapat kunjungan dari wisatawan, pastinya berimbas pada pelaku usaha itu sendiri.

Pasalnya para wisatawan tersebut akan menghabiskan uangnya di Natuna dengan berbelanja produk-produk khas di Natuna.

"Nanti semua kemasan produk Bapak/Ibu ada logo geopark, karena geopark itu jualan kita di Natuna," ujar dia, di Natuna.

Selain itu, kata dia, produk yang ada logo geopark akan lebih mudah dikenal para pencinta wisata, pasalnya Geopark Natuna masuk ke dalam geopark nasional.

"Geopark tidak dimiliki semua daerah, di Kepulauan Riau hanya di Natuna yang memiliki geopark. Keunikan dari hal tersebut akan membuat produk menjadi lebih dikenal," ujar dia lagi.

Meski demikian, kata dia, geopark hanya salah satu komponen pendukung dan tetap saja marketing serta inovasi dalam mengemas suatu produk yang harus ditingkatkan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang dijual.

"Jaga kualitas barang, marketing harus bagus dan jujur," kata dia lagi.

Selain meminta pelaku usaha mencantumkan logo geopark dia juga meminta pelaku usaha untuk tidak mengubah nama-nama dari produk lokal, agar identitas Natuna tetap diketahui oleh dunia luar.

"Nama produk lokal jangan diganti," kata dia pula.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE