DPRD setujui APBD Kota Batam 2024 sebesar Rp3,5 triliun

id Kepri,batam ,APBD,2024,anggaran

DPRD setujui APBD Kota Batam 2024 sebesar Rp3,5 triliun

DPRD Kota Batam gelar sidang paripurna pengesahan Rancangan Perda APBD Tahun 2024 (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Jakarta (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam Kepulauan Riau menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 senilai Rp3,5 triliun.

Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Muhammad Kamaluddin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis menyampaikan struktur APBD Kota Batam Tahun 2024 di antaranya pendapatan daerah dan pembiayaan pada Ranperda APBD tahun anggaran 2024 semula sebesar Rp3,4 triliun berubah menjadi Rp3,5 triliun.

Ia menjelaskan hal tersebut mengalami kenaikan disebabkan dari pendapatan transfer Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp68,9 miliar, sehingga pendapatan pada Ranperda APBD Tahun 2024 yang semula sebesar Rp3,3 triliun mengalami kenaikan menjadi Rp3,4 triliun.

“Selanjutnya belanja daerah dalam Ranperda APBD tlTahun 2024 sebesar Rp3,5 triliun," ujar Kamaluddin.

Ia menambahkan dalam APBD tahun 2024 jumlah pembiayaan sebesar Rp95 miliar dengan rencana pendapatan daerah Kota Batam tahun anggaran 2024 sebesar Rp3,4 triliun dan belanja daerah Rp3,5 triliun.

Menurut Kamaluddin, hal tersebut sesuai dengan perundang-undangan yang menganut sistem keuangan APBD yang berimbang antara pendapatan dan belanja, maka diseimbangkan dengan pembiayaan sebesar Rp95 miliar.

Sementara itu, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyampaikan Pemerintah Kota Batam sepakat atas Ranperda APBD Kota Batam Tahun Anggaran 2024 untuk disahkan menjadi Perda APBD Kota Batam Tahun 2024.

“Pada kesempatan ini, kami tekankan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) penghasil untuk bekerja secara maksimal agar target pendapatan yang telah ditetapkan dalam APBD Tahun 2024 dapat tercapai,” kata Rudi.

Kemudian ia juga meminta seluruh SKPD agar segera menyiapkan proses pelaksanaan pengadaan barang dan jasa untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan guna mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Batam.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE