Pemprov Riau pindahkan asrama haji dari Pekanbaru ke Batam

id Pemerintah Provinsi Riau,Embarkasi Batam, jamaah haji, musim haji 2024

Pemprov Riau pindahkan asrama haji dari Pekanbaru ke Batam

Pemerinta Provinsi Riau tahun 2024 memindahkan sarana bandar udara tempat keberangkatan calon jemaah haji (embakarsi haji) Riau menuju ke Arab Saudi dipindahkan ke Batam. dokumen ANTARA.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemprov Riau menetapkan 2024 Embarkasi Antara Haji (EAH) atau sarana bandar udara tempat keberangkatan jamaah calon haji provinsi itu menuju ke Arab Saudi, dipindahkan, dari yang sebelumnya di Kota Pekanbaru,  menjadi di Kota Batam Kepri.

"Untuk sementara waktu sampai solusi pembangunan asrama haji di Kota Pekanbaru selesai, maka jamaah haji asal seluruh kabupaten dan kota di Riau akan berangkat langsung ke Batam," kata Sekretaris Daerah Pemprov Riau SF Hariyanto dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Menurut Hariyanto, keputusan memindahkan asrama haji ke Batam mempertimbangkan saran saran dari sejumlah pemerintah kabupaten dan kota seperti dari Asisten I (Pemerintahan dan Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Dumai, Yusrizal bahwa akan lebih efektif untuk jemaah luar kota Pekanbaru untuk langsung ke Batam.

"Setelah tiba di embarkasi Batam, maka diyakini jamaah calon haji asal Kota Dumai, Riau memiliki banyak waktu untuk memulihkan kebugaran fisik sebelum melaksanakan ibadah haji," kata dia.

Usulan juga datang dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan Pemerintah Kepulauan Meranti yang menilai bahwa jika jamaah calon haji Riau bisa langsung ke Batam lebih dekat dibandingkan harus ke Pekanbaru melalui EHA Riau dan selanjutnya berangkat baru ke Batam.

Dari sisi jarak tempuh makin dekat ke embarkasi Batam kata dia, bahkan menghemat biaya dan tenaga juga.

Karena itu SF Hariyanto minta Kemenag Riau untuk melakukan evaluasi EHA Riau.





 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE